News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Prediksi Duet Prabowo-Ganjar di Pilpres 2024, Ini Peta Politiknya Jika Melawan Anies-Cak Imin

Penulis: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Prediksi tiga pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden yang akan maju di Pilpres 2024.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wacana duet Prabowo-Ganjar dalam Pilpres 2024 kembali muncul di tengah Anies Baswedan sudah menentukan meminang Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sebagai Cawapres.

Menyikapi isu duet Prabowo-Ganjar, Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan bila Ganjar Pranowo tetap didorong menjadi Capres dalam Pilpres 2024.

“Jadi siapa yang akan mendampingi Pak Ganjar Pranowo, posisinya pak Ganjar adalah calon presiden. Yang diusung PDI Perjuangan, PPP, Hanura dan Perindo. Kami saling melengkapi, tidak beririsan tapi saling memperkuat basis pemilih dan didukung relawan,” kata Hasto di sela Rakerda PDIP Provinsi Gorontalo, Jumat (22/9/2023).

Menurutnya, hingga saat ini empat partai pendukung Ganjar masih merumuskan untuk menentukan calon wakil presiden.

“Siapa yang akan mendampingi Pak Ganjar sudah mengalami kajian yang mendalam tinggal menunggu momentum yang tepat nantinya akan diumumkan oleh Ibu Megawati,” kata Hasto.

Baca juga: Hasto PDIP Tegaskan Posisi Ganjar Tetap Capres Sikapi Berhembusnya Isu Duet dengan Prabowo

Menurut Hasto, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri telah mendengarkan masukan dari para ketua umum partai dan berdialog berulangkali dengan Presiden Jokowi.

Terpisah, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman mengatakan pihaknya menghormati munculnya peluang duet Prabowo-Ganjar.

Apalagi, keduanya memang memiliki kemiripan ideologis.

"Kami tentu menghormati PDIP partai besar. Kami punya kemiripan secara ideologis, lalu secara politik juga kami punya kesamaan sikap bahwa kita sama-sama memandang prestasi pemerintahan saat ini sangat bagus dan harus dilanjutkan," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Jakarta.

Namun begitu, ia tidak menampik memiliki kendala untuk mewujudkan duet Prabowo-Ganjar.

Baca juga: Elite Demokrat: Gabung ke Koalisi Pendukung Prabowo Adalah Opsi Terakhir Kami

Yakni, baik Prabowo maupun Ganjar sama-sama diusung menjadi bacapres di Pilpres 2024.

"Secara teknis, kami mencalonkan Pak Prabowo sebagai capres, itu keputusan resmi partai dan sekarang didukung oleh beberapa partai politik. Pak Ganjar juga demikian adanya, ditetapkan oleh rekan-rekan di PDIP sebagai capres," jelasnya.

"Tentu kita tidak akan memaksakan diri, nggak mungkin dalam satu koalisi ada dua capres berarti bisa maju dua-duanya," sambungnya.

Di sisi lain, ia pun mengaku tidak masalah jika akhirnya Prabowo dan Ganjar justru harus bersaing di Pilpres 2024.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini