News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Representasi Luar Jawa, Erick Thohir Melengkapi Upaya Pemenangan Prabowo

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Erik S
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai sosok yang tepat berpasangan dengan Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Laporan Wartawan Tribunnews, Hasanudin Aco

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Menteri BUMN Erick Thohir dinilai sebagai sosok yang tepat berpasangan dengan Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sebab, Erick Thohir mampu melengkapi upaya pemenangan dan kepemimpinan Prabowo.

Direktur Executive Partner Politik Indonesia, AB Solissa mengatakan latar belakang Erick Thohir akan menjadikannya pasangan ideal untuk Prabowo. Hal itu mengingat Erick Thohir merupakan representasi pemimpin luar jawa yang akan melengkapi Prabowo.

Baca juga: Erick Thohir: Indonesia Masih Diajak Australia Bidding Tuan Rumah Piala Dunia 2034

“Pak Erick Thohir merepresentasi kultur luar jawa, jika ada variable komplementer yang di-address Pak Erick untuk menjawab kekurangan Pak Prabowo,” kata Solissa dalam keterangannya, Selasa (10/10/2023).

Bukan hanya persoalan kultur semata, Erick Thohir melengkapi sisi-sisi Prabowo yang lain. Salah satunya ialah latar belakangnya yang merupakan sipil sehingga tepat untuk mendampingi tokoh militer seperti Prabowo.

“Sedangkan Erick Thohir adalah figur yang merepresentasi kepentingan sipil yang punya rekam jejak baik di masyarakat,” ujar Solissa.

Selain dua faktor tersebut, elektabilitas tinggi Erick Thohir juga tidak dapat dikesampingkan. Menurutnya, tingginya elektabilitas Erick Thohir merupakan daya tawar yang cukup ampuh untuk segera dipinang oleh Prabowo. 

Terbukti dari survei Poltracking Indonesia periode September yang menemukan Erick Thohir di posisi pertama cawapres dengan angka elektabilitas sebesar 19 persen. Hasil serupa juga ditunjukkan LSI yang memperlihatkan elektabilitas Erick Thohir di posisi pertama dengan angka 15,9 persen. 

Baca juga: Bursa Cawapres Prabowo: Gibran, Erick Thohir hingga Khofifah Masuk Usulan KIM

Tidak jauh beda, survei Polling Institute bulan Agustus menemukan Erick Thohir memiliki elektabilitas sebesar 24,5 persen di peringkat satu.

“Kita tidak bisa memungkiri elektabilitas Erick Thohir memang selalu teratas. Itu bisa jadi modal,” pungkas Solissa.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini