News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Resmikan 5 Titik Sumber Air Bersih, Prabowo Girang Basah-basahan Bareng Bocah Desa di Kuningan

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto meresmikan bantuan titik sumber air bersih di Kuningan, Jawa Barat pada Rabu (20/12/2023) pagi. Total, ada 5 titik sumber air bersih di sejumlah desa yang diresmikan Eks Danjen Kopassus tersebut.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto meresmikan bantuan titik sumber air bersih di Kuningan, Jawa Barat pada Rabu (20/12/2023) pagi.

Total, ada 5 titik sumber air bersih di sejumlah desa yang diresmikan Eks Danjen Kopassus tersebut.

Baca juga: Resmikan 5 Titik Sumber Air Bersih Desa di Kuningan, Prabowo: Jangan Disia-siakan

Prabowo pun melakukan seremonial peresmian sumber titik air bersih itu di salah satu Desa Desa Pamupukan, Ciniru, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Seusai peresmian, Prabowo langsung basah-basahan bersama bocah di desa Pamupukan. Saat itu, Prabowo bersuka cita bersama anak-anak menikmati air yang mengucur dari pipa yang baru diresmikan. 

Prabowo pun bermain air kucuran dari pipa, lalu membasuh wajahnya. Lalu, warga maupun anak-anak yang mengerubungi titik air tersebut berteriak kegirangan.

Baca juga: Usai Beri Titik Sumber Air Bersih, Prabowo Malah Dipalak Bangun Musala

Suasana basah-basahan pun berlangsung riang gembira. Apalagi, cuaca siang hari saat itu sangat terik. 

Anak-anak tersebut berlompat kegirangan saat Prabowo menghampiri dan menyalami mereka. Lalu, Prabowo pun sempat mencium dan memeluk anak-anak tersebut.

 


Prabowo Resmikan 5 Titik Sumber Air Bersih

 

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto meresmikan bantuan 5 titik sumber air bersih di sejumlah desa di Kuningan, Jawa Barat pada Rabu (20/12/2023) pagi. Bantuan sumber air bersih tersebut merupakan salah satu program dari Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI.

Prabowo meminta kepala daerah maupun kepala desa setempat menjaga titik sumber air bersih yang sudah diresmikan tersebut. Dia mengharapkan sumber air bersih itu dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

"Sarana-sarana tersebut dijaga dihemat ditampung jangan disia-siakan karena air sangat-sangat penting untuk kesehatan dan manfaat untuk seluruh masyarakat. Itu yang saya titip dijaga dirawat," ujar Prabowo saat acara peresmian sumber air bersih di Desa Pamupukan, Ciniru, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat pada Rabu (20/12/2023) pagi.

Pemerintah, kata Prabowo, akan terus berusaha untuk mengatasi kesulitan air yang dialami oleh masyarakat. Sebaliknya, TNI maupun Polri juga bekerja aama dalam membantu mencari solusi atas kesulitan air bersih tersebut.

Baca juga: Kapolri Soal Penanganan Karhutla: Kesiapan Sumber Air Jadi Prioritas

"Kita akan terus berusaha untuk atasi kesulitan rakyat para aparat dari TNI-Polri bekerja secara sinergis bersama-sama untuk membantu rakyat kita semuanya menjaga ketertiban suasana terbaik kita bisa melaksanakan penbangunan untuk seluruh rakyat Indonesia," jelasnya.

Prabowo pun sempat menyapa keempat desa lain lewat virtual. Satu di antaranya, perwakilan dari Desa Pakapasan Girang, Kecamatan Hantara.

Perwakilan desa tersebut mengapresiasi bantuan Prabowo terkait peresmian sumber air bersih. Namun, ia tidak menampik masih diperlukan bantuan satu titik sumber air bersih lagi di desa tersebut.

"Alhamdulillah sudah direalisasi dikerjakan dengan adanya bisa dimanfaatkan disambut dengan warga yang gembira namun masih ada 1 blok lagi yang belum tersentuh dan kebetulan ada salah satu mata air yang berlainan arah dan akan ditarik kembali," tutupnya.

Sebagai informasi, ada lima titik lokasi peresmian sumber air bersih. Di antaranya Desa Cipedes, Kecamatan Ciniru dengan jumlah penerima manfaat 210 KK.

Kemudian, Desa Cirukem, Kecamatan Garawangi dengan jumlah penerima manfaat 250 KK dan Desa Sumberjaya, Kecamatan Ciwaru dengan jumlah penerima manfaat 400 KK.

Selain itu, Desa Pamupukan, Kecamatan Ciniru dengan jumlah penerima manfaat 540 KK dan Desa Pakapasan Girang, Kecamatan Hantara dengan jumlah penerima manfaat 504 KK.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini