News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Berharap Tak Ada Saling Klaim Menang, PPP Tunggu Hasil Pilpres 2024 Lewat C1-Plano

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Rahmat W Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono mengatakan pihaknya masih menunggu perhitungan pemungutan suara Pilpres 2024 lewat C1-Plano.

Diketahui berdasarkan aturan, formulir C1 merupakan sertifikat hasil dan rincian perhitungan perolehan suara pemilih umum yang diperoleh dari Tempat Pemungutan Suara (TPS).

"Kita juga menyoroti bahwa dalam pelaksanaan pemilu ini. Ada mekanisme yang bisa digunakan diantaranya adalah setiap di TPS itu ada C1-Plano, perhitungan secara manual, ini yang kita tunggu," kata Mardiono menanggapi hasil perhitungan cepat Pilpres 2024, Jakarta Pusat, Rabu (14/2/2024) malam.

Menurut Mardiono masing-masing partai politik seperti di PDIP, PPP, Hanura, dan Perindo memiliki pusat tabulasi nasional.

"Yang setiap TPS berita acara hasil penghitungan telah ditandatangani oleh semua partai politik peserta pemilu itu," jelasnya.

Baca juga: PPP Yakin Lolos Ambang Batas Parlemen

Lanjut Mardiono lalu secara manual hasil pemungutan suara tersebut difoto kemudian dikirim ke pusat tabulasi.

"Dan setelah dipurnakan nanti C1 aslinya akan dikirimkan ke pusat. Itu sebagai benteng hukum untuk mengawal demokrasi yang jujur, adil, dan sepadan," tegasnya.

Mardiono meminta agar tidak ada saling klaim sebelum pemungutan suara resmi dari KPU.

"Jadi bukan saling mengklaim. Demokrasi jangan diciderai dengan secerca pembentukan opini untuk kepentingan kelompok-kelompok tertentu," tegasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini