News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Ganjar-Mahfud Unggul di TPS 12 Panembahan, Tempat Sri Sultan HB X dan Keluarga Mencoblos

Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo, silaturahmi ke Sri Sultan Hamengkubuwono (HB) X di Kantor Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Rabu (27/12/2023). Paslon nomor 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mengungguli perolehan suara di TPS 12 Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta tempat Sultan HB X nyoblos.

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA - Paslon nomor urut 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD mengungguli perolehan suara di TPS 12 Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta.

TPS ini adalah tempat Raja Keraton Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X dan keluarga mencoblos. 

Berdasarkan penghitungan surat suara pilpres 2024 yang dilakukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 12 Panembahan Yogyakarta, Ganjar- Mahfud memperoleh total 117 suara, Prabowo- Gibran memperoleh 76 suara sementara Anies- Muhaimin memperoleh 35 suara.

Sementara dua surat suara dinyatakan tidak sah. 

Berdasarkan pantauan di lokasi, di TPS 12 Panembahan tercatat ada 283 DPT plus 5 pemilih tambahan.

Dari jumlah tersebut, 230 di antaranya tercatat menyalurkan suaranya.

Sebelumnya, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, menyampaikan pesan serta harapannya kepada tiga pasang calon presiden- calon wakil presiden yang berkontestasi di Pemilu 2024.

Hal tersebut diungkapkan Sultan, seusai menyalurkan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 12 Panembahan yang berlokasi di Ndalem Cokronegaran, Jalan Magangan Wetan, Kemantren Kraton, Kota Yogyakarta, Rabu (14/2/2024) pagi.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X menunjukkan surat suara usai melakukan pencoblosan di TPS 12 Panembahan, Rabu (14/2/2024) (TribunJogya.com/Hanif Suryo)

Terkait hasil Pemilu nanti, menurut Sultan, harus ada kemauan dari ketiga capres-cawapres untuk menghargai pilihan rakyat.

"Saya kira begitu selesai (Pemilu 2024), permasalahan-permasalahan perbedaan yang mereka lakukan entah dalam program ataupun gesekan yang ada saya kira selesai. Kita juga harus ada kemauan untuk menghargai pilihan warga masyarakat, karena bangsa ini utk menentukan pilihan siapa pemimpin 5 tahun yang akan datang," pesan Sultan. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Ganjar- Mahfud Unggul di TPS Sri Sultan Hamengku Buwono X,

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini