News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemilu 2024

Ada Unjuk Rasa Pemakzulan Jokowi di DPR, Kendaraan Taktis hingga Beton Berkawat Disiagakan Polisi

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Suasana jelang aksi unjuk rasa tuntut hal angket, kecurangan pemilu dan pemakzulan Presiden Jokowi di depan pintu gerbang kompleks parlemen DPR/MPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Jumat (8/3/2024)/ Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aksi unjuk rasa menuntut agar DPR menyegerakan pengguliran Hak Angket atas dugaan kecurangan Pemilu 2024 hingga tuntutan pemakzulan Presiden Joko Widodo (Jokowi) rencananya berlangsung pukul 10.00 WIB, Jumat (8/3/2024) di DPR RI. 

Massa yang direncanakan terlibat dalam aksi tergabung dalam Koalisi Nasional Penyelamat Demokrasi. 

Namun pantauan Tribunnews.com hingga pukul 11.39 WIB, masih belum nampak adanya massa yang berkumpul di Jalan Gatot Subroto atau tepat di depan pintu gerbang DPR/MPR. 

Kendati demikian aparat kepolisian sudah menyiagakan sejumlah kendaraan taktis (rantis) dan menempatkan personelnya pada sisi tertentu. 

Seperti misalnya personel yang ditempatkan di ruas tol dalam kota, kemudian Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) di pinggiran Jalan Gatot Subroto, serta telah terpasang beton pembatas berduri yang menutupi area pintu gerbang DPR/MPR.

Rantis yang disiagakan di sekitar lokasi unjuk rasa di antaranya Water Cannon DW6500, rantis DAPC, hingga ambulans. 

Baca juga: Massa Pendukung dan Tolak Hak Angket-Pemakzulan Jokowi Saling Adu Orasi di Depan Gedung DPR

Di depan pagar masuk kompleks parlemen DPR/MPR, pihak kepolisian memasang banner besar berlatar kuning dengan tulisan berisi pesan.

"Setiap orang memiliki hak menyampaikan pendapat, mari saling menghargai perbedaan, mari bersama - sama menciptakan situasi yang damai aman dan tertib," tulis pesan banner tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini