News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2024

Momen Sugiono Disapa sebagai Calon Seskab saat Pelantikan Wakil Ketua MPR

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Acos Abdul Qodir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Momen Ketua Fraksi Partai Gerindra MPR RI Sugiono, dipanggil sebagai calon Sekretaris Kabinet (Seskab) oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, saat pidato pengangkatan empat anggota MPR Pergantian Antar Waktu (PAW) di Gedung MPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat (8/3/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ada momen menarik saat Amir Uskara dilantik menjadi Wakil Ketua MPR RI menggantikan Arsul Sani yang menjadi hakim Mahkamah Konstitusi (MK).

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet yang memimpin jalannya pelantikan itu menyapa Ketua Fraksi Partai Gerindra MPR RI Sugiono sebagai calon Sekretaris Kabinet (Seskab).

Awalnya, dalam pidato sambutannya, Bamsoet menyapa para pimpinan MPR yang hadir.

"Saudara-saudara yang hadir pada hari ini, para wakil ketua MPR," kata Bamsoet saat memberikan pidato dalam pelantikan  di Gedung Nusantara IV, Senayan, Jakarta, Jumat (8/3/2024).

Lantas, Bamsoet juga menyapa pimpinan fraksi MPR yang hadir. 

Dia menyapa Sugiono sebagai calon Seskab.

"Saudara-saudara pimpinan fraksi yang hadir. Pak Sugiono, calon menteri kabinet. Oh, Sekretaris Kabinet," ujar Bamsoet.

Mendengar sapaan Bamsoet, Sugiono yang berdiri di samping kanan Arsul Sani itu tampak tersenyum.

Baca juga: VIDEO Mahfud MD Sudah Baca Lebih dari 75 Halaman Naskah Akademik Hak Angket: Itu Serius & Sudah Jadi

Diketahui, saat ini perolehan calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) yang diusung koalisi Partai Gerindra, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, unggul dengan 58,82 persen dalalm penghitungan suara (real count) Komisi Pemilihan Umum (KPU) per Jumat, 8 Maret 2024 pukul 17.00 WIB.

Sementara, capres-cawapres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) memperoleh 24,49 persendan paslon dari koalisi PDIP, Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapat 16,68 persne.

Perolehan suara tersebut berdasarkan rekapitulasi suara 643231 tempat pemungutan suara (TPS) dari total 823378 TPS atau 78,12 persen.

Habiburokhman Disapa Calon Menkumham

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Fraksi Partai Gerindra Habiburokhman, sempat disapa sebagai calon Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) oleh rekannya saat rapat dengan pihak Kemenkumhan, Kemenpora, dan PSSI.

Baca juga: Kata Jokowi Soal Isu Dirinya Dapat Peran Dalam Pembentukan Kabinet Prabowo-Gibran

Ada pun rapat itu untuk memberi persetujuan pemberian status kewarganegaraan Indonesia terhadap tiga calon pemain naturalisasi, yakni Ragnar Oratmangoen, Thom Haye, dan Maarten Paes.

Saat Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Partai Golkar Supriansa memberikan tanggapan, dia menyapa Habiburokhman selaku pimpinan rapat.

"Yang terhormat Bapak Doktor Habiburokhman, insyaallah akan menjadi Menteri Hukum dan HAM," kata Supriansa.

Baca juga: Daripada Biarkan Orang Turun ke Jalan, Ahok Berharap DPR Ajukan Hak Angket

Selain Supriansa, anggota Komisi III DPR RI lainnya yakni Heru Widodo menyapa hal yang sama.

Dia menyebut, Habiburokhman merupakan calon atasan dari dua direktur jenderal di Kemenkumham yang hadir dalam rapat itu.

"Yang saya hormati Pak Habiburokhman, pimpinan Komisi III, calon Menteri Hukum dan HAM, calon bosnya Pak Cahyo dan Pak Asep ini," ucap Heru. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini