News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemilu 2024

Unjuk Rasa di Kantor KPU Jayawijaya, Massa Tuding Ada Kecurangan untuk Amankan Politikus Tertentu

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
Editor: Bobby Wiratama
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ribuan massa dari dari 40 distrik geruduk Kantor KPU Jayawijaya menolak hasil pleno rekapitulasi suara, Jumat (15/3/2024).

TRIBUNNEWS.COM - Unjuk rasa terjadi di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jayawijaya, Provinsi Papua Pegunungan, Jumat (15/3/2024).

Dilansir Tribun Papua, ribuan massa gabungan dari 40 distrik itu memprotes penetapan rekapitulasi yang diselenggarakan KPU Jayawijaya.

Rekapitulasi dituding curang dan tidak netral, serta mengamankan kepentingan politikus tertentu.

Massa menuntut KPU Jayawijaya tidak lagi melakukan pleno pada malam hari.

Hal itu dinilai bagian skenario kecurangan untuk memuluskan kepentingan pihak tertentu.

Korlap Demostrasi, Muin Asso menyebut KPU Jayawijaya menipu rakyat dan menghancurkan masa depan Kabupaten Jayawijaya dan bangsa.

“Hari ini KPU Jayawijaya bekerja secara sepihak, hasil prolehan suara dari tingkat distrik yang ditetapkan di pleno tidak sesuai hasil perolehan suara di lapangan. Kami menilai, KPU mengamankan kepentingan oknum yang bermain,” katanya.

Lebih lanjut, massa menolak kecurangan yang dilakukan KPU Jayawijaya dan meminta mengembalikan prolehan suara yang benar.

“Seharusnya KPU bekerja secara independen. Tidak boleh terima intervensi oleh oknum politikus yang bermain menghancurkan demokrasi di Jayawijaya,” ungkapnya.

“Kami sudah mengikuti selama ini bahwa ada oknum yang bermain di belakang KPU Jayawijaya, sehingga hasil suara yang diplenokan hanya memenangkan satu orang atau partai tertentu."

"Meskipun suara partai lain di lapangan ada namun tidak diakomodir oleh pihak penyelenggara dan dialihkan suara mereka ke caleg dan partai tertentu,” tudingnya.

Baca juga: Prabowo - Gibran Unggul di Papua Selatan, Tapi Semua Caleg Partai Pengusungnya Tewas

Bawaslu Jayapura Terima Aduan

Sebelumnya diberitakan Tribun Papua, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jayawijaya telah menerima laporan dugaan pelanggaran Pemilu 2024 sejumlah wilayah, termasuk Distrik Welesi dan Distrik Walaik, Minggu (10/3/2024).

Ketua Bawaslu Jayawijaya, Kilion Wenda mengatakan, berdasarkan laporan setiap distrik, pada prinsipnya Bawaslu sudah menerima setelah pleno dengan bukti seperti C1 dan D Hasil dari Welesi dan Walaik.

“Setelah ini kami sarankan untuk mengisi form D kejadian khusus sesuai aturan,  setelah semua distrik ini diplenokan lalu kita keluarkan rekomendasi secara kolektif untuk 40 distrik bagi yang bermasalah,” katanya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini