News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilkada Serentak 2024

Puan Buka Peluang Usung Bobby dan Kaesang, Pengamat: Komunikasi Politik PDIP Mulai Berubah

Penulis: Ibriza Fasti Ifhami
Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani, bakal calon Gubernur Sumatera Utara Bobby Nasution dan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. Pengamat nilai komunikasi politik PDIP mulai bertransformasi dari agresif jadi lebih lunak buntut Puan buka peluang usung Bobby dan Kaesang.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik Adi Prayitno mengatakan, komunikasi politik PDI Perjuangan (PDIP) mulai bertransformasi dari yang sebelumnya agresif menjadi lebih lunak.

Hal itu terkait pernyataan Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang membuka peluang untuk mengusung putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep di Pilkada Jawa Tengah dan menantu RI1 Bobby Nasution di Sumatera Utara.

"Saya kira ini soal wajah lain yang muncul dari PDIP, yang saya kira lebih soft, lebih membuka komunikasi politik dengan berbagai kalangan, termasuk dengan menantunya Jokowi, dan anaknya Jokowi," kata Adi, saat dihubungi Tribunnews.com, Selasa (9/7/2024).

Adi menilai, pernyataan Puan tersebut menunjukkan perubahan komunikasi politik PDIP, yang sebelumnya dinilai agresif, bahkan membangun tembok tebal dengan Jokowi beserta partai-partai pendukungnya.

"Karena selama ini wajah PDIP itu adalah wajah yang cukup kritis, yang seakan-akan membangun tembok tebal yang berhadap-hadapan dengan kubu Koalisi Indonesia Maju dan kubu Jokowi juga ya," jelasnya.

Lebih lanjut, menurut Adi, komunikasi politik yang dilakukan Puan tersebut perlahan akan menjadi sikap internal PDIP ke depannya.

"Jadi bagi saya, ini bagian dari bentuk komunikasi politik yang secara perlahan akan dimaknai sebagai sikap dan perubahan secara perlahan yang muncul dari internal PDIP yang mulai bertransformasi," ucapnya.

"Kalau melihat statement Puan, statement yang cukup akomodatif dan membuka komunikasi dengan berbagai kalangan, termasuk dengan Jokowi sekalipun," kata Adi.

Baca juga: Kaesang Hargai PDIP yang Mempertimbangkan Dirinya di Pilkada Jateng, Gibran Harap Adiknya Temui Puan

Sebelumnya, Puan menyebut, Kaesang merupakan salah satu sosok yang dipertimbangkan untuk maju di Pilkada Jateng 2024.

Hal itu disampaikan Puan usai ditanya tentang hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang menempatkan Kaesang unggul sementara di Jateng.

Kaesang diketahui unggul dibandingkan Ketua DPD PDI-P Jateng, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul.

"Enggak apa-apa, bagus Kaesang," ujar Puan ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (2/7/2024).

"Apakah mungkin dipertimbangkan Kaesang?" tanya wartawan ke Puan.

"Iya dong, jadi salah satu pertimbangan juga," kata Puan.

Baca juga: Kaesang Pilih Temui Presiden PKS Bukan Puan Maharani

Sementara itu, peluang untuk mendukung Bobby disampaikan Puan di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Jumat (5/7/2024).

"Bisa saja (PDIP usung Bobby)," kata Puan Maharani.

Pasalnya, kata Puan, hingga kini PDIP belum memutuskan untuk mengusung sosok calon gubernur (cagub) untuk Pilkada Sumut 2024.

"Belum ada keputusan, tapi bisa saja (PDIP mengusung Bobby)," ucap Puan.
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini