News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemilu 2024

Bawaslu: Pemilu Ulang di Sumatera Barat Berjalan Baik

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI, Rahmat Bagja saat diwawancarai di kantornya di Jakarta, Selasa (16/4/2024).

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja mengatakan proses pemilu ulang se-Sumatera Barat (Sumbar) yang berlangsung baik.

Hal itu Bagja sampaikan dalam kesempatannya saat turun langsung memantau proses pemilu ulang yang berlangsung Sabtu (13/7/2024) hari ini.

Baca juga: Megawati: Bukti Kecurangan TSM Pemilu 2024 Ada, Tapi Diumpetin

“Masih berjalan dengan baik, nanti catatan-catatan kita lihat dari teman PTPS (pengawas tempat pemungutan suara) dan Panwascam (panitia pengawas kecamatan),” kata Bagja.

Sebagai informasi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) melaksanakan pemilu ulang pencalonan Anggota DPD di Sumbar sebagai tindak lanjut Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU).

Baca juga: KPU Pastikan Seluruh Logistik Pemilu Ulang Telah Didistribusikan

Putusan MK Nomor 03-03/PHPU/DPD-XXII/2024 ini dibacakan pada tanggal 10 Juni lalu terhadap gugatan yang dilayangkan oleh mantan narapidana korupsi, Irman Gusman.

Terkait status Irman Gusman, Bagja menegaskan sudah pihaknya publikasikan kepada masyarakat.

“Sudah, sudah disampaikan, makanya begitu ada putusan Mahkamah Agung kita harus ikuti, oleh karena itu kita kasih rekomendasi ke teman-teman KPU keputusannya kan, karena ada putusan Mahkamah Agungnya, kan beliau sengketa ke kami kemudian ada putusan yang lain,” jelas Bagja.

Pemilu ulang ini hanya dilakukan untuk calon anggota legislatif (caleg) DPD. Proses pemilu ulang ini dibatasi hingga pukul 1 siang waktu setempat.

Sesudah itu, pihak penyelenggara bakal langsung melakukan penghitungan suara di TPS untuk kemudian dibawa ke panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan dilakukan penghitungan kembali pada Minggu (14/7/2024) besok.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini