News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilkada Serentak 2024

Prabowo Bakal Salat Istikharah Tentukan Cagub Jawa Tengah, Kader Internal Diminta Bersiap

Penulis: Igman Ibrahim
Editor: Acos Abdul Qodir
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Pertahanan (Menhan) RI sekaligus presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto melaksanakan ibadah sholat Iduladha 1445 H di Masjid Nurul Wathan yang terletak di Padepokan Garuda Yaksa, Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Senin (17/6/2024).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Igman Ibrahim

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto disebut bakal segera mengumumkan calon gubernur Jawa Tengah yang akan diusung oleh partainya pada Pilkada Jawa Tengah 2024. 

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan, Prabowo sudah menerima sejumlah pertimbangan dan masukan dari sejumlah tokoh Jawa Tengah. Kali ini, mantan Danjen Kopassus itu hanya tinggal butuh waktu yang tepat untuk mengumumkan calonnya tersebut.

"Pak Prabowo untuk Jateng sudah mendapatkan berbagai macam sumber, sudah beragam masukan tokoh di Jateng dan beliau dalam waktu pendek akan mengambil keputusan," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/7/2024). 

Prabowo, kata Muzani, hanya sedang akan segera melakukan salat istikharah untuk menentukan cagub yang diusung di Pilkada Jateng 2024. Sebab, saat ini Prabowo sudah menerima sejumlah hasil survei mengenai kandidat terkuat di provinsi tersebut.

"Pak Prabowo butuh waktu untuk segera memutuskan. Insya Allah termasuk Jateng, karena beberapa masukan, kondisi dan hasil survei sudah beliau simpulkan, ya, beliau tinggal sedikit istikharah," katanya.

Baca juga: Kaesang Diprediksi Kalah Telak Jika Gandeng Jusuf Hamka di Pilkada Jakarta

Muzani memahami Prabowo belum memutuskan siapa yang akan diusung di Pilkada Jawa Tengah 2024. Namun, ia meminta setiap kader Gerindra harus selalu siap mematuhi segala penugasan dan perintah yang diberikan oleh Prabowo.

Namun, Muzani tidak menjelaskan secara rinci apakah hal itu merupakan sinyal Prabowo akan memilih kader internalnya Sudaryono yang juga masuk bursa cagub Jateng 2024.

"Kami di Gerindra itu semua adalah pejuang partai. Apa yg menjadi keputusan Ketum Ketua Dewan Pembina kami ikuti, kami taat, dan ketum dan ketua dewan pembina akan mengambil keputusan yang terbaik bagi masa depan Jateng dan negara," pungkasnya. 

Temuan Survei Pilkada Jateng

Lembaga riset Indeks Data Nasional (IDN) sebelumnya merilis peta kekuatan politik terbaru dalam pemilihan gubernur Jawa Tengah (Jateng) 2024. Hasilnya, elektabilitas sejumlah figur masih bersaing ketat di provinsi tersebut.

Dalam survei itu, Kapolda Jawa Tengah Ahmad Luthfi masih menduduki posisi teratas di Pilgub Jawa Tengah 2024. Nama Ahmad Luthfi disusul oleh Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono.

Baca juga: Respons Bobby soal Golkar Sodorkan Surya jadi Pendampingnya di Pilkada Sumut: Ini Titik Terang

Hal itu terpotret dalam simulasi terbuka atau top of mind dalam survei IDN tersebut. Elektabilitas Ahmad Luthfi dan Sudaryono masih terpaut tipis untuk menduduki calon gubernur Jawa Tengah 2024.

"Dalam beberapa simulasi terbuka, elektabilitas Ahmad Luthfi berada di urutan pertama sebesar 13,5 persen. Nama Luthfi ditempel oleh Sudaryono sebesar 9,6 persen berada di posisi kedua," kata Direktur Eksekutif IDN Syifak Muhammad Yus saat pemaparan hasil survei di Jakarta, Senin (15/7/2024). 

Kedua nama itu disusul oleh Wagub Jawa Tengah petahana, Taj Yasin Maimoen sebesar 4,6 persen, Eks Bupati Kendal, Dico Ganinduto 3,7 persen, dan Eks Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo 3,5 persen.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini