News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilkada Serentak 2024

Pilkada Indramayu Bakal Ketat, Hasil-hasil Survei Terbaru, Nina Agustina dan Lucky Hakim Bersaing

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi Pilkada Serentak 2024

Hasiolan EP/Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM - Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Indramayu Jawa Barat diprediksi akan berlangsung ketat jelang pelaksanaan Pilkada Serentak pada 27 November mendatang.

Sejumlah lembaga survei menunjukkan ada konstalasi yang menarik di antara kandidat yang maju mencalon, termasuk apa yang dirilis oleh dua lembaga survei PublicSensum Indonesia dan Lembaga Survei Indonesia (LSI).

Baca juga: Mukerwil PPP Sulut, Mardiono Berharap Lahirkan Gagasan untuk Pemenangan Pilkada

Berikut ulasan persaingan di Pilkada Indramayu merujuk pada hasil suvei terbaru dua lembaga tersebut.

PublicSensum Indonesia

Menurut lembaga survei ini, calon petahana Nina Agustina, memiliki potensi yang sangat besar untuk meraih kemenangan dalam pertarungan head to head dengan rivalnya, Lucky Hakim.

Survei terbaru PublicSensum Indonesia menunjukkan bahwa Nina Agustina secara konsisten mendapatkan dukungan yang solid dari masyarakat, dengan penilaian yang tinggi atas rencana-rencana strategisnya untuk memajukan Indramayu.

Menurut Direktur Eksekutif PublicSensum Indonesia Fahmi Diga Rahadi berdasarkan hasil survei pihaknya, Nina Agustina selalu menang lewat kompetitornya Lucky Hakim dalam berbagai simulasi.

"Pada simulasi 10 nama calon Bupati Indramayu Nina Agustina paling banyak dipilih responden yakni sebanyak 41,7 persen, diposisi kedua Lucky hakim 23,1 persen dan diurutan ketiga Daniel Muttaqien Syafiuddin 7,3 persen. Namun, sebanyak 22,8 persen responden masih belum menentukan pilihan," ungkap Direktur Eksekutif PublicSensum Indonesia Fahmi Diga Rahadi, dalam keterangan yang dikutip, Jumat (19/7/2024).

"Pada simulasi 8 nama calon Bupati Indramayu Nina Agustina paling banyak dipilih responden yakni sebanyak 43,1 persen, diposisi kedua Lucky hakim 22,7 persen dan diurutan ketiga Daniel Muttaqien Syafiuddin 8,9 persen. Sementara Pada simulasi 6 nama calon Bupati Indramayu Nina Agustina paling banyak dipilih responden yakni sebanyak 47,9 persen, diposisi kedua Lucky hakim 24,2 persen dan diurutan ketiga Daniel Muttaqien Syafiuddin 8,9 persen," lanjutnya.

Fahmi Diga Rahadi juga menerangkan jika calon dikerucutkan pada simulasi empat, tiga dan dua nama calon Bupati Indramayu, nama Nina Agustina selalu berada pada urutan teratas.

"Pada simulasi 4 nama calon Bupati Indramayu Nina Agustina paling banyak dipilih responden yakni sebanyak 50,7 persen, diposisi kedua Lucky hakim 27,2 persen dan diurutan ketiga Daniel Muttaqien Syafiuddin 9,1 persen. Sementara pada Pada simulasi 3 nama calon Bupati Indramayu Nina Agustina paling banyak dipilih responden yakni sebanyak 51,1 persen, diposisi kedua Lucky hakim 27,3 persen dan diurutan ketiga Daniel Muttaqien Syafiuddin 9,1 persen," urai Fahmi Diga Rahadi.

"Pada simulasi 2 nama calon Bupati Indramayu Nina Agustina paling banyak dipilih responden yakni sebanyak 54,8 persen, selanjutnya Lucky hakim 29,1," lanjutnya.

Dia mengatakan, populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia di Indramayu yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yaitu mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih. Sampel sebanyak 800 orang diambil dengan menggunakan metode multistage dengan toleransi kesalahan (margin of error)±3.5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, dengan asumsi simple random sampling.

Baca juga: Hadapi Khofifah-Emil, PDIP Segera Bertemu NasDem dan PKB Jajaki Koalisi di Pilkada Jatim

Lembaga Survei Indonesia (LSI)

Sebaliknya, LSI memprediksi Lucky Hakim yang berpotensi sebagai Calon Bupati terkuat di Pilkada Indramayu 2024.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini