News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilkada Serentak 2024

Pilgub NTT 2024, Pengamat Bicara Peluang Melki Laka Lena Bersaing dengan Tokoh Lain

Penulis: Reza Deni
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua DPD 1 Nusa Tenggara Timur Partai Golkar, Melki Laka Lena.

Laporan Reporter Tribunnews.com, Reza Deni

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) Melkiades Laka Lena disebut bakal maju di Pilgub Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hal itu dilihat lewat elektabilitas Melki dalam dua lembaga survei seperti Charta Poltika dan Indekstat yang memosisikan Melki Laka Lena di angka mendekati 50 persen pilihan masyarakat Provinsi NTT.

Baca juga: Projo Dukung 8 Calon Kepala Daerah di Pilkada Serentak 2024, Ini Daftar Namanya

Pengamat politik dari Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin, menilai potret dua lembaga survei Charta Politika dan Indekstat yang menempatkan Melki Laka Lena sebagai figur yang memiliki nilai tertinggi dalam pilihan masyarakat (top of mind) merupakan bukti bahwa Melki Laka Lena figur yang disukai masyarakat.

"Tingkat kesukaan masyarakat kepada calon kepala daerah bisa dilihat dari survei yang ada. Kalau Melki Laka Lena bisa meraih angka tertinggi saat ini di hasil survei, saya kira itu potret masyarakat yang meinginkan sosok Melki untuk menjadi pemimpin di Provinsi NTT," kata Ujang kepada wartawan, Sabtu (20/7/2024).

Baca juga: Eks Sespri Prabowo Mengaku Siap Maju di Pilkada Kota Bandung 2024

Ujang menilai tingginya angka pilihan masyarakat (top of mind) terhadap Melki Laka Lena, bisa saja karena figur Melki yang banyak menginsipirasi anak muda di NTT. 

"Saya kira Melki figur anak muda yang mempunyai kapasitas, potensi dan kepantasan serta peluang politik dalam Pilgub di NTT. Ditambah saat ini dia juga salah satu pimpinan Komisi di DPR RI. Ini bukti dia sosok yang matang dalam politik," ujarnya.

Seperti diketahui, dua lembaga survei yakni Charta Politika melakukan survei pada 2-11 Mei 2024 dan IndekStat pada periode 1-10 Juli 2024. 

Dalam survei Charta Politika, Melki Laka Lena menempati urutan teratas pilihan responden sebagai Gubernur NTT 2024-2029 dengan angka 18,6 persen.

Baca juga: Gerindra Dorong Eks Sespri Prabowo Maju di Pilkada Kota Bandung 2024

Sementara dari hasil survei Indekstat baru-baru ini terlihat elektabilitas (keterpilihan) Melki Laka Lena terus meningkat bahkan nyaris menembus 50 persen, persisnya di angka 49,1 persen dari seluruh responden dalam simulasi 3 nama cagub dengan mencoblos kertas suara bak di TPS. 

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI itu juga tercatat unggul cukup jauh dari jagoan PDIP, Yohanis Fransiskus Lema (Ansy Lema) dan Simon Petrus Kamlasi. 

Ansy Lema berada di urutan kedua dengan angka 20,9 persen, sedangkan Simon Petrus Kamlasi berada di urutan ketiga dengan raihan 8,8 persen, tersisa 21,3 persen yang belum menjawab.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini