News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilgub DKI Jakarta

PKB Sebut KIM Plus Berpeluang Usung Anies di Pilkada Jakarta, Begini Respons PSI

Penulis: Rahmat Fajar Nugraha
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Mantan Gubernur DKI Jakarta sekaligus mantan Calon Presiden 2024, Anies Baswedan di kantor Dewan Pengurus Wilayah Partai Kebangkitan Bangsa (DPW PKB) DKI Jakarta, Jakarta Timur, Minggu (21/7/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Rahmat W Nugraha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni merespon soal pernyataan Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid terkait Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus. 

Jazilul Fawaid mengatakan pihaknya terbuka bergabung ke dalam KIM plus dalam pilkada kali ini. Bukan tidak mungkin nantinya, kata Jazilul KIM Plus memajukan Anies Baswedan sebagai cagub Jakarta.

Baca juga: Elite PKB Prediksi Hanya Ada Satu Poros Koalisi Jika KIM Plus Terbentuk di Pilkada Jakarta

Merespon hal itu Raja Juli mengatakan serba mungkin di politik. 

"Segala kemungkinan di politik mungkin. Tapi sekali lagi kita berharap di KIM ada keputusan yang kolektif kolegial untuk kepentingan bersama," kata Raja Juli kepada awak media di Jakarta, Jum'at (2/8/2024). 

Ia melanjutkan paralel antara pusat dan gubernur, dengan bupati walikota, lebih ideal. 

Baca juga: Giliran PKB Beri Sinyal Batal Usung Anies di Jakarta, Pertimbangkan Gabung KIM Plus

"Nanti kita lihat perkembangannya," tegasnya. 

Sebelumnya Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid mengatakan pihaknya terbuka bergabung ke dalam KIM plus dalam pilkada kali ini. Baginya, pembentukan koalisi besar ini bertujuan demi kebaikan bangsa.

"Kita pertimbangkan, kita pertimbangkan, kan sudah ada di publik tawarannya, kita akan pertimbangkan untuk kebaikan Jakarta, kebaikan Indonesia," kata Jazilul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (2/8/2024).

Jazilul mengungkapkan Jakarta membutuhkan semangat kolaborasi dan kebersamaan. Karena itu, pembentukan KIM plus ini memungkinkan hanya akan ada satu poros atau melawan kotak kosong di Pilkada Jakarta.

"Kalau ada poros KIM plus ya satu poros. Tak akan ada 2 poros. Kalau terjadi KIM dengan kekuatan yang lain, ya pasti terjadi 1 poros," ungkapnya.

Baca juga: Pilgub Jakarta 2024 Pelik Bagi KIM, Pengamat: Bisa Saja Usung Anies Baswedan

Hingga saat ini, kata Jazilul, sejumlah parpol masih sedang menggodok siapa sosok yang tepat untuk dimajukkan KIM plus di Pilkada Jakarta. Bukan tidak mungkin nantinya mereka memajukan Anies Baswedan sebagai cagub Jakarta.

"Semua serba mungkin (KIM plus usung Anies)," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini