News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilgub DKI Jakarta

Alasan Batalnya Sahroni Jadi Ketua Timses RK-Suswono Dinilai Tak Terlepas dari Sosok Anies Baswedan

Penulis: Faryyanida Putwiliani
Editor: Wahyu Gilang Putranto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Sahroni saat ditemui awak media di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/3/2024). | Pengamat hukum dan tata negara, Refly Harun mengomentari soal batalnya Ahmad Sahroni jadi Ketua Tim Pemenangan Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta

TRIBUNNEWS.COM - Pengamat hukum dan tata negara, Refly Harun memberikan pendapatnya terkait alasan batalnya Bendahara Umum (Bendum) Partai NasDem, Ahmad Sahroni menjadi Ketua Tim Pemenangan Ridwan Kamil (RK)-Suswono di Pilkada Jakarta 2024.

Menurut Refly, pembatalan Sahroni dari kursi Ketua Tim Pemenangan RK-Suswono ini tak terlepas dari sosok eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Refly menilai dipilihnya Sahroni menjadi Ketua Tim Pemenangan RK-Suswono justru menjadi boomerang bagi Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus.

Karena meski gagal maju di Pilkada Jakarta, Anies masih memiliki banyak pendukung.

Selain itu, masih banyak juga pendukung Anies yang merasa sakit hati dengan NasDem, PKS, dan PKB yang sebelumnya menyatakan mendukung Anies tapi berujung membatalkan dukungan mereka.

Hingga akhirnya Anies pun gagal maju di Pilkada Jakarta dan tak bisa bersaing memperebutkan kursi Gubernur DKI Jakarta.

Untuk itu Refly menilai, seharusnya KIM Plus bisa mencari sosok yang tidak mengingatkan warga Jakarta kepada Anies, agar bisa menggaet suara para pendukung eks Menteri Pendidikan itu.

"Mungkin fenomena-fenomena ini juga mereka tangkap, mereka harus cari sosok yang tidak mengingatkan orang kepada Anies. Sahroni kan bagian dari NasDem, waduh, tambah dimusuhi nanti pasangan rakus (Ridwan Kamil-Suswono)," kata Refly dilansir Tribun Jakarta, Selasa (10/9/2024).

Lebih lanjut Refly mengaku masih belum bisa menebak terkait siapa sosok yang akan menggantikan Sahroni menjadi Ketua Tim Pemenangan RK-Suswono.

Baca juga: Sahroni Batal Jadi Ketua Timses RK-Suswono, Soliditas KIM Plus Dipertanyakan

Refly pun meragukan jika KIM Plus mengandalkan suara dari pemilih tradisional PKS.

Sebab, pemilih PKS sebagian besar berlatar pemilih yang mendukung Anies Baswedan.

"Ini lah yang barangkali membuat kemudian strateginya diubah harus dicari, orang yang market friendly yang tidak dikaitkan dengan partai politik tidak memunculkan spaning (ketegangan) di anak-anak Abah Anies," terang Refly.

Sahroni Tegaskan KIM Plus Tetap Solid

Ahmad Sahroni, buka suara terkait kabar dirinya yang batal menjadi Ketua Tim Pemenangan RK-Suswono di Pilkada Jakarta 2024.

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad, mengungkapkan KIM Plus telah menunjuk Sahroni menjadi Ketua Tim Pemenangan RK-Suswono pada Minggu (8/9/2024).

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini