News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilgub DKI Jakarta 2024

Cak Lontong Minta Debat Pilkada Jakarta 2024 Tak Pakai Istilah atau Singkatan Asing

Penulis: Fersianus Waku
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Tim Pemenangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno, Lies Hartono alias Cak Lontong di Rumah Pemenangan Pramono-Rano, Menteng, Jakarta, Kamis (3/10/2024).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fersianus Waku 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Tim Pemenangan calon gubernur dan calon wakil gubernur Jakarta nomor urut 3, Pramono Anung-Rano Karno, Lies Hartono alias Cak Lontong meminta agar tak menggunakan istilah atau singkatan asing dalam debat Pilkada Jakarta 2024.

Cak Lontong mengatakan, tujuan debat adalah agar semua pasangan calon (paslon) bisa mencari solusi atas suatu tema yang dibahas.

"Kalau tujuan kita hanya ingin saling jegal, apalagi ada yang punya niat untuk memalukan pasangan lain dengan cara itu tadi, dengan menggunakan istilah-istilah yang secara awam hanya dia yang tahu, berharap pasangan lain enggak tahu, saya kira itu kan sangat tidak edukatif untuk masyarakat," kata Cak Lontong di Rumah Pemenangan Pramono-Rano, Menteng, Jakarta, Kamis (3/10/2024).

Pria kelahiran 7 Oktober 1970 ini berharap semua paslon yang mengikuti debat Pilkada Jakarta, tak menggunakan istilah asing.

"Kita bukan ingin menunjukkan kita lebih pintar, enggak, kita ingin tunjukkan bahwa Anda pilih dengan benar pada apa yang kita sampaikan," ujar Cak Lontong.

Baca juga: Serba-serbi Debat Perdana Pilkada Jakarta 2024: Digelar di JIExpo Kemayoran, KPU Hadirkan 7 Panelis

Cak Lontong memastikan pasangan Pramono-Rano tak akan menggunakan istilah dan singkatan asing saat debat Pilkada.

Adapun, debat dengan memakai istilah dan singkatan asing sempat menjadi sorotan dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Di mana, hal tersebut digunakan calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, dalam beberapa kali debat untuk sesi cawapres.

Debat perdana Pilgub Jakarta akan digelar Minggu (6/10/2024).

Debat akan mengusung tema Penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Transformasi Jakarta menjadi Kota Global. 

Baca juga: Perwakilan Platform X Tak Hadiri Deklarasi Pilkada Damai, Menkominfo: Urusannya Agak Panjang 

Anggota KPU DKI Jakarta Astri Megatari mengatakan, di dalam tema itu nantinya bakal ada beberapa pembahasan yang berkaitan dengan unsur penguatan untuk ketahanan budaya hingga bagaimana pembangunan sumber daya manusia.

“Bagaimana kemudian paslon dapat memiliki program untuk perempuan, anak, kemudian kaum marjinal lalu disabilitas,” ujar Astri di Kantor KPU DKI Jakarta, Senen. 

“Lalu juga bagaimana paslon ini menghadirkan visi misinya terkait bagaimana nanti ketika Jakarta tidak lagi menjadi ibukota namun arahnya adalah menjadi kota global,” sambungnya. 

Debat perdana Pilgub DKI Jakarta bakal berlangsung Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Utara.

Seperti halnya Pilpres, debat terdiri dari 6 segmen dengan durasi debat 150 menit yang dibagi atas 120 menit pelaksanaan debat dan 30 menit jeda iklan.

Sebagai informasi, Pilkada Jakarta 2024 diikuti 3 pasang calon yakni Ridwan Kamil-Suswono nomor urut 1, Dharma Pongrekun-Kun Wardana nomor urut 2, dan Pramono Anung-Rano Karno nomor urut 3. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini