News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilgub DKI Jakarta

Solusi Kemacetan di Jakarta, Dharma Pongrekun Nilai Tidak Perlu Tambah Transportasi Umum

Penulis: Mario Christian Sumampow
Editor: Muhammad Zulfikar
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Dharma Pongrekun dalam debat Pilgub Jakarta di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta Utara, Minggu (6/10/2024).

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Cagub Jakarta nomor urut 2 Dharma Pongrekun mengatakan tidak perlunya penambahan armada transportasi umum untuk mengatasi kemacetan di Jakarta. 

Hal itu ia sampaikan dalam responsnya menjawab pertanyaan saat debat Pilgub Jakarta di JIExpo Kemayoran, Minggu (6/10/2024).

Baca juga: Momen Suswono Dapat Pelukan dari RK saat Gagal Tuntaskan Pantun di Debat Perdana Pilkada Jakarta

Adapun pertanyaan yang disiapkan oleh panelis itu berkaitan dengan bagaimana caranya paracagub mengatasi kemacetan. 

“Dengan mengoptimalkan apa yang sudah ada, terutama manajemen, tidak perlu dulu menambah dulu armada, majamen diperbaiki, dioptimalkan,” kata Dharma.

Baca juga: Pendukung Tiga Cagub Jakarta Tumpah Ruah, Jalan Salemba Raya Depan KPUD Macet Parah

Keamanan dan kenyamanan transportasi juga menurutnya penting supaya kelompok disabilitas, lansia, perempuan hamil, dan anak-anak punya perlakuan khusus. 

Selain itu, ia juga menyinggung ihwal budaya antre yang harus diterapkan. 

“Masukan ke dalam kurikulum, supaya budaya antre itu ada di dalam adab kita, kemudian baru kita evaluasi apakah perlu ditambahkan (jumlah transportasi umum),” tuturnya.

“Kalau perlu ditambahkan baru kita tambahkan, jangan kita mengeluarkan anggaran tapi kita tidak tahu faktor mana yang harus kita perbaiki,“ ia menambahkan.

Lebih lanjut, transportasi umum yang tersentralisasi di kawasan pemukiman, sekolah, dan pasar serta terintegrasi juga dinilai penting oleh Dharma.

“Dan dibuat 500 meter dari pemukiman sebagai vendor dari MRT atau LRT atau transjakarta, yaitu mirko transportasi yang saling terhubung satu sama lain,” jelas Dharma.

Baca juga: Pramono Sibuk Menulis, RK dan Dharma Fokus Dengar Pertanyaan Saat Debat Pilgub Jakarta 2024

“Kemudian disiapkan kantong-kantont parkir yang nyaman dan aman supaya mau naik transportasi umum, supaya orang yang naik kendaraan umum kendaraannya terjamin,” pungkasnya. 

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini