News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Surya Paloh Tunjuk Wibi Andrino Jadi Wakil Ketua DPRD Jakarta 2024-2029, Ini Profilnya

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Malvyandie Haryadi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wibi Andrino. Rapat Paripurna Pengumuman Susunan Pimpinan DPRD Provinsi Jakarta mengumumkan dirinya sebagai Wakil Ketua DPRD DKI mewakili Partai Nasdem periode 2024-2029.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Danang Triatmojo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rapat Paripurna Pengumuman Susunan Pimpinan DPRD Provinsi Jakarta mengumumkan Wibi Andrino sebagai Wakil Ketua DPRD DKI mewakili Partai Nasdem periode 2024-2029, Senin (23/9/2024).

Wibi ditunjuk oleh Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh lewat Surat Keputusan DPP Partai Nasdem Nomor: 11-SK/AKD/DPP-NasDem/VIII/2024 tertanggal 21 Agustus 2024.

Dalam rapat paripurna di ruang paripurna Gedung DPRD DKI itu, dipimpin Ketua Sementara DPRD DKI Jakarta Achmad Yani, didampingi Wakil Ketua Sementara Jhonny Simanjuntak, dan sejumlah anggota di gedung DPRD DKI Jakarta, serta hadir Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

"Berdasarkan surat dari DPP Partai NasDem Nomor 1/AKD/DPP-NasDem/VII/2024 tanggal 21 Agustus 2024 tentang penetapan pimpinan DPRD serta ketua fraksi DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Nasdem memutuskan Wibi Andrino sebagai Wakil DPRD DKI Jakarta Periode 2024-2029," ucap Achmad Yani.

Usai penetapan itu, Wibi mengatakan Jakarta saat ini dihadapkan pada banyak persoalan mulai dari banjir, macet, peningkatan kepadatan penduduk hingga polusi udara. 

"Kemacetan sudah menjadi masalah kronis di Jakarta, dan ini menghambat produktivitas serta meningkatkan polusi udara," kata Wibi. 

Ia menyinggung masalah kemacetan jadi hal yang perlu segera diselesaikan. Infrastruktur transportasi, pengembangan sistem angkutan massal terintegrasi perlu dibenahi. 

Begitu juga soal sistem drainase dan pengendalian tata ruang untuk mengatasi persoalan banjir. Ia pun menegaskan pentingnya kerja sama antara pemda, pemerintah pusat, masyarakat dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi Jakarta.

"Tantangan yang dihadapi besar, tetapi dengan kerja sama yang baik, saya yakin Jakarta bisa menjadi kota yang lebih baik untuk ditinggali," ungkap dia.

Profil Singkat Wibi Andrino

Wibi Andrino sendiri bukan sosok baru di perpolitikan Indonesia. 

Pada Pemilu 2019, politisi muda kelahiran Lhokseumawe, Aceh, 15 April 1986 ini, terpilih sebagai wakil rakyat di DPRD DKI Jakarta mewakili daerah pemilihan (Dapil) 7 yang meliputi Cilandak, Kebayoran Lama, Kebayoran Baru, Pesanggrahan, dan Setiabudi. 

Ia juga menjabat Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024.

Pada Pemilu 2024, Wibi kembali terpilih dan resmi dilantik sebagai Anggota DPRD Provinsi Jakarta periode 2024-2029 pada 26 Agustus 2024.

Dalam struktur pengurusan partai, Wibi menjabat sebagai Ketua DPW Partai NasDem DKI Jakarta. 

Namanya juga sempat muncul dalam rekomendasi DPP Partai NasDem untuk maju pada Pilgub Jakarta 2024 bersama dengan nama lain seperti Ahmad Sahroni dan Anies Baswedan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini