News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemilu 2014

Pengamat: Jokowı Elite Baru yang Berwajah Rakyat

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo meninjau kios pedagang usai meresmikan Pasar Blok G Tanah Abang Jakarta Pusat, Senin (2/9/2013). Pasar dikhususkan untuk pedagang kaki lima (PKL) yang selama ini berjualan di pinggir jalan sekitar pasar Tanah Abang. TRIBUNNEWS/HERUDIN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Nama Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dinilai masih menjadi sosok yang paling berpotensi dipilih oleh masyarakat dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014 di tengah banyaknya tokoh muda dan alternatif menjadi Calon Presiden yang mencuat.

Pengamat politik Universitas Indonesia (UI), Boni Hargens, menilai mantan Walikota Surakarta itu mempunyai konteks pemimpin yang sangat diharapkan oleh masyarakat Indonesia.

"Pasalnya, masyarakat Indonesia sekarang ini menilai Politik yang terlalu elitis sudah kehilangan marwahnya. Ditambah lagi, karena elite dan penyelenggaraan polıiik yang korup," kata Boni ke Tribunnews.com, Kamis (31/10/2013).

Karenanya, imbuh Boni, Jokowı muncul sebagai elite baru yang berwajah rakyat. Selain itu juga sosoknya adalah abstraksi dari wajah rakyat. Ia juga mengatakan, sosok pemimpin baru yang tampak dalam diri Jokowi menjadi kehendak sejarah.

"Ia (Jokowi) pun menjadi titik balik, simpul kebangkitan populisme. Ia mencetak proses baru, sejarah kebangkıtan populisme," ungkap Boni .

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini