News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Survei

'Efek Jokowi' Kerek Perolehan Suara PDIP

Penulis: Y Gustaman
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bakal calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Joko Widodo (duduk tengah), mengunjungi para petani di Widodaren, Ngawi, Jawa Timur, Senin (31/3/2014). Pria yang akrab disapa Jokowi ini menanyakan kepada petani tentang bibit, irigasi dan juga kesejahteraan hidup para petani.

TRIBUN, JAKARTA - Peneliti Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Philips Jusario Vermonte mengatakan, efek Jokowi mengerek perolehan suara PDI Perjuangan, setelah didapuk sebagai calon presiden mendatang.

Demikian disampaikan Philips saat merilis hasil survei CSIS dengan tema, "Di Tengah 'Efek Jokowi:' Pemilih yang Masih Ragu dan Kontestasi yang Masih Belum Selesai," Auditorium CSIS, Gedung Pakarti, Jakarta Pusat, Senin (31/3/2014).

"Apabila sudah ada tiga nama capres definitif (Jokowi-PDIP, ARB-Golkar, Prabowo-Gerindra), suara PDI Perjuangan naik signifikan menjadi 33,4 persen," ungkap Philips. Berbeda ketika Jokowi tak disebut, suara PDI Perjuangan hanya 20,1 persen.

Ia menambahkan, bukan saja PDI Perjuangan yang naik. Partai Gerindra juga mengalami kenaikan ketika nama capresnya, Prabowo disebut yakni di angka 15,5 persen. Bila nama Prabowo tak disebut, Partai Gerindra hanya memperoleh 11,3 persen.

"Perolehan Partai Gerindra melampaui Partai Golkar dan juga partai incumbent Demokrat. Sementara Golkar justeru turun walau pun sedikit," tambahnya. Suara Golkar berada di angka 15,0 persen. Jika tak disebutkan capres ARB, suara Golkar 15,8 persen.

Efek Jokowi juga terlihat secara geografis dan demografis umur. Misalnya, penyebutan nama Jokowi, ARB dan Prabowo sebagai capres, dukungan PDI Perjuangan di antara pemilih Pulau Jawa meningkat dari 23,5 persen menjadi 25,1 persen.

Demikian pula di antara pemilih di luar Pulau Jawa, penyebutan nama Jokowi, ARB dan Prabowo sebagai capres, tingkat dukungan terhadap PDI Perjuangan meningkat dari 15,6 persen menjadi 31,2 persen.

CSIS melaksanakan surveinya di 33 provinsi berlangsung dari 7 sampai 17 Maret 2014. Wawancara tatap muka ditempuh dengan jumlah responden sebanyak 1200 orang, dan margin of error 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini