News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Jaringan Kelompok ISIS

Kepala BNPT: Ada 34 WNI Teridentifikasi Pengikut ISIS

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Y Gustaman
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Aktivis Aliansi Nasionalis berunjuk rasa di sekitar bundaran HI, Jakarta Pusat untuk menolak masuknya organisasi dan paham Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) atau Islamic State di Indonesia, Minggu (24/8/2014). Pengunjuk rasa mengingatkan kepada masyarakat tentang bahayanya ISIS terhadap keberagaman kehidupan masyarakat Indonesia. TRIBUNNEWS/HERUDIN

Laporan Wartawan Tribunnews.com, M Zulfikar

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Ansyad Mbaai mengungkapkan sebanyak 34 Warga Negara Indonesia (WNI) teridentifikasi sebagai pengikut Negara Islam Irak dan Suriah atau ISIS. Mereka wajah lama pelaku terorisme.

"Dari data BNPT kita pastikan 34 orang bergabung ke sana (ISIS). Identitas mereka ada dan mereka adalah teroris yang pernah ditangkap dan ditahan," kata Ansyad dalam dalam diskusi 'Indonesia Merespon Ancaman ISIS' di Jakarta Pusat, Senin (25/8/2014).

BNPT juga telah mendeteksi sejumlah jalur yang kerap digunakan WNI untuk bergabung ISIS menuju Irak dan Suriah. Para pengikut ISIS itu menjalani pelatihan dan pendidikan khusus menjadi tentara perang. "Untuk sampai ke Irak atau Suriah, pengikut ISIS lewat Turki atau Doha di Qatar," ucapnya.

Masih kata Ansyad, Pemerintah Indonesia sudah secara tegas menyatakan ISIS sebagai organisasi terlarang. Semua ulama dari organisasi kemasyarakatan berbasis Islam pun menolak kelompok radikal tersebut.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini