News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Longsor Banjarnegara

Evakuasi Dihentikan Sementara 17, Tewas, 11 Luka Berat, 4 Luka Ringan

Penulis: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tim gabungan terus melakukan upaya evakuasi terhadap korban longsor di dusun Dusun Jemblung Desa Sampang Kecamatan Karangkobar, Sabtu (13/12/2014).

TRIBUNNEWS.COM, BANJARNEGARA - Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, melaporkan langsung dari lokasi bencana tanah longsor di Kecamatan Karangkorbar Kabupaten Banjarnegara Jawa Tengah, Sabtu (13/12/2014).

"Saat ini hujan cukup deras di lokasi bencana longsor sehingga diputuskan pencarian dan penyelamatan korban dihentikan sementara," kata Sutopo.

Dijelaskan tim gabungan telah menemukan 17 korban tewas, 11 luka berat, dan 4 orang luka ringan. "Dan 91 orang masih dalam pencarian," ujarnya.

Menurut dia kondisi tanah masih labil. Debit sungai mengalir kencang membawa lumpur. "Hujan dapat berpotensi memicu longsor susulan. Beberapa jalan masih tertutup longsor. Jalan retak-retak dan berbahaya. Hal ini menyebabkan alat berat dan kendaraan yang dikerahkan untuk penanganan darurat terhambat," kata dia.

Dijelaskan masyarakat berduyun-duyun menonton ke lokasi bencana sehingga jalan macet dan mengganggu operasional kendaraan petugas. Kepala BNPB Syamsul Maarif, berada di lokasi memberikan arahan penanganan darurat. Potensi nasional dari BNPB, TNI, Polri, Kemenkes, Basarnas, Kemensos, Kemen PU Perumahan Rakyat dan lainnya sudah berada di lokasi memberikan bantuan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini