News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

SEA Games 2015

Ketika Jokowi Semangati Kontingen SEA Games Indonesia

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sebanyak 522 atlet Indonesia akan berlaga di di Pekan Olahraga Asia Tenggara atau SEA Games ke-28 yang akan berlangsung di Singapura, 5 hingga 16 Juni 2015 mendatang.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas mereka di depan Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (26/5/2015) dengan satu harapan, para pasukan merah putih berjuang tanpa kenal menyerah sebagai wakil bangsa dan negara di ajang olah raga internasional tersebut.

"Ini ada atlet lari 100 meter ada? Yang putri? Maju, sini di panggung dengan saya. Namanya siapa?" tanya Jokowi.

"Sera, atlet lari 100 meter asal Papua. Tapi lahir besarnya Surabaya, jawab gadis yang didaulat maju ke panggung terhormat.

Jokowi kembali bertanya. "Sera, nanti lari 100 meter betul? Sera, targetnya apa?"

"Membawa pulang kembali emas," jawab gadis itu penuh semangat.

"Berapa emas yang mau kamu persembahkan untuk negara?" kembali Jokowi menimpali dengan pertanyaan.

"Karena saya dua nomor, dua emas yang mau saya persembahkan," demikian target gadis itu.

"Saya catat loh ya, saya catat dua emas. Saya tonton, saya ikuti terus, dua emas. Saya doakan dapat emas dan akan saya ikuti. Sebentar, sebentar, lupa lagi. Papua-nya di mana?" ujar Jokowi.

Gadis itu pun menjawab. "Asal Serui. Dari Jayapura semalam naik kapal," ucapnya.

Itulah sekelumit obrolan singkat Jokowi dengan Sera, atlet cabang olahraga atletik saat melepas kontingen Indonesia akan berlaga di di Pekan Olahraga Asia Tenggara atau SEA Games ke-28 yang akan berlangsung di Singapura, 5 hingga 16 Juni 2015 mendatang.

Bukan Sera saja, saat itu, Presiden Jokowi secara langsung juga memanggil atlet dari cabang Dayung naik ke atas panggung. Namanya, Boni salah satu atlet yang mewakili cabang Dayung asal Aceh mengatakan telah mempersiapkan diri selama 1,5 tahun dengan target juara umum dan 13 medali emas.

"Pertama-tama, saya ingin mengucapkan selamat dan penghargaan, apresiasi yang setinggi-setingginya kepada seluruh atlet yang telah terpilih mewakili negara dalam SEA Games di Singapura. Saudara-saudara semuanya terpilih mewakili bangsa dan negara dalam ajang olahraga internasional," kata Jokowi.

"Para atlet mesti dan harus memahami dengan baik bahwa kalian adalah yang terbaik, kalian adalah putra putri bangsa yang terbaik, yang sudah terpilih melalui seleksi. Saya kira semuanya sudah mempersiapkan diri dengan baik, dengan semangat juang yang pantang menyerah karena saya kira itulah modal dasar yang paling penting yang harus kita miliki," semangat digelorakan Jokowi pada acara Pelepasan Kontingen Indonesia menuju SEA Games ke-28 di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (26/5/2015).

Sementara itu Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrowi menambahkan Indonesia akan mengikuti 32 cabang olahraga, dengan jumlah personel atlet 522 orang, official 226 orang, dan jumlah kontingen 748 orang.

Kontingen merah putih akan diberangkatkan secara bergelombang yakni gelombang pertama 29 Mei 2015, 30 Mei 2015, dan pemberangkatan terakhir sebanyak 242 atlet pada 2 Juni 2015.

Menurut Menpora, persiapan kontingen Indonesia, sudah dilakukan di satlak prima sejak tahun 2014 tepatnya bulan Januari.

"Pada prinsipnya kontingen Indonesia siap berlaga di Singapura. Untuk kembali mengibarkan bendera merah putih dan mengumandangkan lagu Indonesia Raya. Insya Allah kita akan memperoleh prestasi terbaik, kami niatkan masuk di dua besar," ucap Menpora dalam sambutannya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini