News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kebakaran Hutan

Waspadai Karhutla Meluas, Menhut Usul Rakor dengan Daerah

Penulis: Imanuel Nicolas Manafe
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri lingkungan hidup Siti Nurbaya Bakar (60)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan pihaknya telah mengajukan diadakannya rapat koordinasi terkait kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kepada Presiden Joko Widodo.

Rencana diadakannya rapat koordinasi hingga ke tingkat daerah tersebut untuk mencari penanganan dan pencegahan karhutla yang kemungkinan titik apinya akan bertambah.

"Apakah sudah diperlukan rapat koordinasi lagi kebakaran hutan dan lahan karena ekskalasinya naik," ujar Siti di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (7/8/2017).

Siti mengatakan dirinya akan menindaklanjuti rencana tersebut kepada Sekretaris Kabinet dan akan menyurati kepala daerah terkait untuk menghadiri rapat koordinasi.

"Terutama di daerah yang rawan ya. Karena ada pemain baru seperti Aceh, Sulawesi Utara dan NTT. itu seribu hektare lebih juga," ucap Siti.

Siti mengatakan ada kecenderungan yang sama dengan tahun sebelumnya soal potensi titik api meningkat, yaitu di Bulan Agustus hingga September.

"Nah kemarin waktu rapat di Polhukam saya melaporkan bahwa kita harus waspada karena nanti kalau lihat cuaca tahun lalu puncaknya ini di Agustus, Kalau lihat cuaca di 2015 di September," kata Siti.

"Jadi ini kita harus waspadai ini di Agustus-September relatif berat makanya saya segera mengusulkan untuk rapat koordinasi," tutur Siti.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini