News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Paus Terima Pengunduran Diri Uskup Keuskupan Ruteng Hubertus Leteng

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Uskup Emeritus Ruteng Mgr Hubertus Leteng

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus sudah menerima pengunduran diri Monsinyur (Mgr) Keuskupan Ruteng Hubertus Leteng dari jabatan pemimpin pastoral di Keuskupan Ruteng, pada Rabu (11/10/2017).

Pengumuman ini disampaikan pada pukul 18.00 di Istana Keuskupan Ruteng bersamaan dengan siaran pers di Vatikan oleh Rm Fabio Salerno, Pelaksana Tugas ad interim dari Nunciatura Apostolik di Indonesia dalam sebuah pertemuan yang dihadiri oleh Mgr Hubertus Leteng, Mgr Silvester San, Rm Vikjen, Dewan Kuria, Dewan Konsultores, Dewan Imam, dan RD Siprianus Hormat Sekretaris Eksekutif Konferensi Waligereja Indonesia.

Demikian keterangan tertulis yang diterima Tribunnews.com dari Wakil Ketua Komsos Keuskupan Ruteng RD Erick Ratu, Kamis (12/10/2017).

Paus Fransiskus juga telah mengangkat Administrator Apostolik sede vacante et ad nutum Sanctae Sedis (kekosongan tahta gerejawi) dari Keuskupan Denpasar Mgr Silvester San dan melimpahkan semua kewenangan dan tugas-tugas seperti kewenangan dan tugas dari seorang uskup pada subjek wilayah yang berada di bawah Kongregasi Propaganda Fide.

Sesudah membaca dekrit pengangkatan Mgr Silvester San, Rm Fabio Salemo selaku wakil Tahta Suci mengingatkan bahwa tugas-tugas dari Administrator Apostolik akan berakhir ketika Pontifice Romano sudah mengangkat Uskup barun untuk Keuskupan Ruteng dan telah mengambil alih secara kanonik jabatan tersebut.

Surat penerimaan pengunduran diri Uskup Ruteng ()

Selain itu wakil Tahta Suci juga mengajak imam yang hadir untuk bekerja sama dengan Administrator Apostolik, menunjukkan kesediaan, rasa tanggung jawab dan semangat persaudaraan imamat.

Dia juga telah merekomendasikan mereka untuk mengembangkan persatuan, kerukunan dan keharmonisan umat Allah, agar umat dapat mengalami sukacita dalam damai Tuhan.

Selanjutnya Rm Fabio Salemo meminta semua pihak untuk berdoa bagi Mgr Hubertus Leteng yang telah menjalankan tugas selama tujuh tahun sebagai pelayan pastoral di Keuskupan Ruteng.

Ia pun meminta semua pihak untuk berdoa bagi Mgr Silvester San agar dapat menghasilkan buah berlimpah selama menjalankan tugas pelayanan di Keuskupan Ruteng.

"Rm Fabio Salemo juga berterima kasih kepada Mgr Silvester San atas kesediaannya menerima tugas yang sangat penting ini," ujarnya. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini