News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Sambut Hari Kemerdekaan, Wakil Ketua DPD RI Minta Komitmen Masyarakat Menjaga Persatuan dan Kesatuan

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Prof. Dr. Ir. Hj. Darmayanti Lubis (Wakil Ketua DPD RI) mengajak semua pihak menjaga persatuan dan kesatuan menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 73. Hal ini semakin penting mengingat situasi negara menyambut momentum politik 2019.

Momentum pesta demokrasi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) serta Pemilihan Anggota Legislatif (Pileg) harus disambut dengan suka cita. Jangan sampai masyarakat mengalami keterbelahan akibat dukung-mendukung dalam momentum politik ini. Oleh karena itu, peringatan HUT RI ke 73 harus bisa dijadikan semangat pemersatu. Jaga kekompakan kita sebagai bangsa karena ini momentum politik, ujar Senator asal Sumatera Utara ini.

Ia mengingatkan tentang pentingnya pendidikan politik terhadap masyarakat. Elit politik yang terlibat dalam kontestasi Pilpres dan Pileg 2019 harus mampu memberikan pendidikan politik terhadap masyarakat secara fair agar kualitas demokrasi kita semakin meningkat.

Pendewasaan (dalam politik), etika atau adab, dan pemilih pemula, adalah tiga aspek yang petut diperhatikan oleh elit parpol dalam memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

Darmayanti mengingatkan, "Moment Pemilu serentak seharusnya membawa dampak terhadap peningkatan kesejahteraan ekonomi rakyat. Karena kesejahteraan rakyat merupakan salah satu tujuan kemerdekaan. Janji kemerdekaan harus bisa ditunaikan oleh para pemimpin di negara ini.”

Terakhir, Darmayanti mengingatkan satu hal penting yang sering terlupakan. Dalam rangka menjaga keberlangsungan bangsa, semua pihak wajib memperhatikan ketahanan keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat. Bonus demografi yang sedang melanda Indonesia harus dikelola secara benar agar tidak menimbulkan persoalan dikemudian hari.

"Generasi milenial kita yang melimpah harus dipandang sebagai aset generasi emas, karena itu kita harus menaruh perhatian terhadap tumbuh kembang anak, agar kita mampu mempersiapkan generasi unggul masa depan, yang mampu menjawab tantangan dan kebutuhan global, sehingga cita-cita Generasi Emas 2045 dapat dicapai dengan baik," tutup Darmayanti. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini