News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pelantikan Anggota Dewan

Politisi Senior Sabam Sirait Merestui Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR

Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Politisi senior Sabam Sirait (kiri) bersama Ketua MPR terpilih Bambang Soesatyo usai pemilihan ketua MPR di gedung parlemen Jakarta, Kamis (3/10/2019) malam.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Politisi senior yang juga anggota MPR periode 2019-2024 yang paling tua, Sabam Sirait, merestui Bambang Soesatyo menjadi Ketua MPR RI.

Hal ini disampaikan Sabam, pendiri PDI pada tahun 1973 yang lahir pada tahun 1936 ini, saat pemilihan Ketua MPR RI berlangsung, Kamis (3/10/2019) malam.

Saat terpilih secara aklamasi, Bambang mendatangi Sabam lalu mencium dan memeluknya.

Ketua MPR terpilih Bambang Soesatyo (kanan) terharu dan berterima kasih kepada politisi senior Sabam Sirait (kiri) usai pemilihan ketua MPR di gedung parlemen Jakarta, Kamis (3/10/2019) malam.

Di mata Bambang, Sabam merupakan politisi senior dengan pengalaman yang penuh warna dan sudah kenyang dengan asam garam dunia politik.

Sabam merupakan politisi kawakan yang sudah berada dalam gelanggang politik sejak zaman Presiden Soekarno hingga Presiden Joko Widodo.

Ketua MPR terpilih Bambang Soesatyo (kanan) mencium tangan politisi senior Sabam Sirait (kiri) usai pemilihan ketua MPR di gedung parlemen Jakarta, Kamis (3/10/2019) malam.

Menurut politikus Partai Golkar ini, yang pernah menyampaikan sambutan saat Sabam meluncurkan buku "Berpolitik Bersama 7 Presiden", Sabam Sirait telah menjadi inspirasi bagi bangsa Indonesia.

Pergaulan Sabam bersama tujuh Presiden semakin meneguhkan dirinya bukan hanya sebagai seorang politisi, namun sudah menjadi negarawan yang handal.

"Setiap perilaku dan tindak tanduknya selalu bernafaskan kebangsaan, bukan semata untuk kepentingan golongannya saja. Beliau lebih mementingkan kepentingan bangsa dan negara," kata Bambang.

Sabam sendiri berpesan kepada Bambang agar terus menjaga Indonesia dengan sepenuh hati. Indonesia yang membentang luas dari Sabamg sampai Merauke.

Sabam pun mengingatkan agar perlakukan Ketua MPR pada Aceh dan Papua, harus sama sebagimana perlakukan pada daerah lain di Indonesia.

"Indonesia tanpa Aceh bukan Indonesia. Indonesia tanpa Papua bukan Indonesia. Kita harus jaga itu secara bersama-sama dan sungguh-sungguh," tegas Sabam.

Sebanyak 9 Fraksi dan unsur kelompok DPD akhirnya sepakat untuk mengusung politisi Partai Golkar Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR periode 2019-2024.

Kesepakatan itu setelah, Fraksi Partai Gerindra menyatakan mendukung mantan Ketua DPR itu sebagai Ketua MPR.

Awalnya Fraksi Partai Gerindra bersikeras mencalonkan Ahmad Muzani sebagai Ketua MPR.

Dengan diperolehnya kesepakatan itu, maka Bambang Soesatyo terpilih sebagai Ketua MPR secara aklamasi dalam Rapat Paripurna penetapan dan pelantikan Ketua MPR.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini