News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pelantikan Jokowi dan Maruf Amin

Kapan Jokowi Umumkan Nama-nama Menterinya? Ini Prediksi Direktur Eksekutif Indo Barometer

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Jokowi dan tokoh-tokoh yang meramaikan bursa calon menteri baru Kabinet Kerja 2, termasuk Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari, memperkirakan Jokowi setelah dilantik sebagai presiden periode 2019-2024, tidak langsung mengumumkan nama-nama yang mengisi posisi menteri di kabinetnya.

"Saya menduga pak Jokowi tidak akan langsung mengumumkan Kabinet, setelah dilantik," ujar M Qodari, kepada Tribunnews.com, Minggu (20/10/2019).

"Pada lima tahun lalu, pak Jokowi mengumumkan dengan cara menampilkan para menterinya. Itu idealnya dilakukan pada siang hari. Kalau malam tidak kelihatan," jelasnya.

Baca: Daftar Kepala Negara Hadir Pelantikan Presiden, Ada 1 Raja Negara Kecil di Afrika, Ini Sosoknya

Baca: Informasi Perubahan Rute KRL di Hari Pelantikan Jokowi-Maruf Amin

Baca: Di Solo, Lukisan Raksasa Presiden Jokowi Pakai Lurik dan Blangkon Terpasang Jelang Pelantikan

Dia juga tidak yakin Jokowi akan mengumumkan nama-nama menterinya pada Senin (21/10/2019) atau Selasa (22/10/2019).

Sebagai alasan, menurut dia, Wapres Maruf Amin akan bertolak ke Jepang untuk menghadiri upacara pelantikan Kaisar baru Jepang, Naruhito dan Permaisuri Masako.

Pelantikan Kaisar Jepang digelar pada Selasa (22/10/2019).

"Maruf Amin akan terbang ke Jepang untuk menghadiri penobatan Kaisar baru Jepang. Maka Maruf Amin akan pulang pada malam harinya," kata dia.

Karena itu dia melihat Jokowi akan mengumkan nama-nama menterinya pada Rabu (23/10/2019) dan pelantikannya Kamis (24/10/2019).

"Barangkali kita akan menyaksikan pengumuman dan pelantikan menteri pada hari Rabu dan Kamis. Bisa jadi pengumumannya hari Rabu, kemudian pelantikannya hari Kamis," jelasnya.

"Karena rasanya tidak mungkin, Kabinet diumumkan tanpa kehadiran Wakil Presiden. Karenanya kemungkinan pengumuman kabinet bukan hari Minggu, atau Senin dan Selasa, tapi pada hari Rabu," kata Jokowi usai menggelar silaturahmi bersama jajaran Menteri Kabinet Kerja di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (18/10/2019).

Sebelumnya Jokowi belum memastikan kapan jadwal pengumuman kabinet di periode kedua pemerintahannya.

Menurut Jokowi, nama-nama menteri akan diumumkan paling lama tiga hari setelah pelantikan.

"Mbok ya sabar. Paling sehari dua hari. Paling lama tiga hari. Nanti kan juga tahu. Mungkin bisa Minggu, bisa Senin, bisa Selasa," ujarnya.

Jokowi memastikan nomenklatur kementerian di periode kedua pemerintahannya akan tetap sama seperti di periode pertama pemerintahan.

"Masih sama 34 kementerian," jelas Jokowi.

Jokowi meminta seluruh elemen masyarakat bersabar menunggu pengumuman jajaran menteri yang kemungkinan tidak hanya diisi oleh kader partai, melainkan juga tenaga profesional.

"Nanti kalau sudah diumumkan saya kira nanti semua akan tahu. Mana yang masuk, mana yang tidak masuk, mana yang belum masuk," ujar Jokowi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini