News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Istri Bupati Kabupaten Dairi Romi M Eddy Perkenalkan Kain Ulos Eco Fashion

Penulis: Bayu Indra Permana
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Romy M Eddy saat menjadi pembicara di acara Next Generousion dalam diskusi tentang Eco Fashion Indonesia di Epiwalk Kuningan Jakarta Selatan, Minggu (3/11/2019).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Bayu Indra Permana

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Dekranasda Kabupaten Dairi, Romy M Eddy, memperkenalkan kain ulos ramah lingkungan saat menjadi pembicara dalam acara Next Generousion bertema Eco Fashion Indonesia.

Menurut istri dari Bupati Kabupaten Dairi, Eddy KA Berutu, tersebut kain ulos yang ia bawa ke dalam acara tersebut menggunakan pewarna alami.

Ia menggabungkan kunyit dan jeruk purut untuk membuat warna kuning yang tidak terlalu mencolok pada kain ulos yang dibawanya.

"Jadi kita pakai kunyit untuk pewarnanya. Tapi kan itu akan kuning sekali warnanya jadi kita gabug dengan jeruk purut, sehingga warnanya jadi seperti ini," kata Romy M Eddy di Epiwalk Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (3/11/2019).

Baca: Riwayat Pendidikan Mulan Jameela Terkuak, Istri Ahmad Dhani Pernah Sekolah Tinggi Bahasa Asing?

Begitu juga untuk mendapatkan warna gelap, bisa didapat dari dedaunan.

Romy M Eddy saat menjadi pembicara di acara Next Generousion dalam diskusi tentang Eco Fashion Indonesia di Epiwalk Kuningan Jakarta Selatan, Minggu (3/11/2019). (Tribunnews.com/ Bayu Indra Permana)

"Kemudian kita pakai daun-daunan sekitar Silalahi, kalau mau hitam pakai daun ketapang, kalau biru pakai tayub, jadi pakai pewarna alam," ujarnya.

Ia mengatakan pembuatan ulos eco fashion jauh lebih cepat dibanding ulos biasanya.

Untuk sebuah ulos eco fashion hanya membutuhkan waktu dua hari.

"Kalau yang eco fashion ini satu penenun bisa selesaikan dua hari, lebih cepat memang. Kalau ulos yang biasanya lebih lama," ujar istri Bupati Diari.

Baca: Siap-siap, Nunggak Iuran BPJS Kesehatan Bakal Susah Urus SIM dan Paspor

Ulos yang dibuat dengan eco fashion tersebut lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan pewarna tekstil yang bisa mencemari sungai sekitar.

"Kita mulai mengarah ke eco fashion dan ramah lingkungan, jadi lebih manusiawi lah. Karena kalau saya lihat pewarna ulos itu bisa mencemarkan air di sekitar kita," katanya.

Baca: Seorang Pria Sembunyikan Narkoba Seberat 226 Gram di Anusnya

Tema eco fashion yang diangkat dalam acara Next Generousion senada dengan keinginan Romy M Eddy saat didapuk menjadi ketua Dekranasda Kabupaten Dairi.

Eco fashion atau fashion yang ramah lingkungan dirasa sangat cocok dengan anak milenial sekarang yang senang berkreasi di bidang fashion.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini