News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kirim Surat ke Pimpinan DPR, Komisi III Berharap Komjen Listyo Sigit Cepat Dilantik Jadi Kapolri

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya
Editor: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

(kiri ke kanan): Wakil Ketua Komisi III DPR RI Fraksi PAN Pangeran Saleh, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Fraksi NasDem Ahmad Sahroni, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Fraksi Golkar Adies Kadir, dan Wakil Ketua Komisi III DPR RI Fraksi Gerindra Desmond J Mahesa

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Vincentius Jyestha

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Seluruh fraksi di Komisi III DPR RI menyetujui Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri mengantikan Jenderal Idham Azis, Rabu (20/1/2021).

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir mengatakan pihaknya akan segera mengirim surat kepada pimpinan DPR RI agar keputusan tersebut segera dibawa ke rapat paripurna dan Komjen Pol Listyo Sigit bisa segera dilantik menjadi Kapolri.

"Kami hari ini mengirimkan surat ke Pimpinan DPR RI agar supaya kalau bisa secepatnya mungkin besok dilakukan paripurna persetujuan DPR. Dan segera dikirim ke bapak presiden untuk dilantik jadi Kapolri baru," ujar Adies, dalam konferensi pers di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Rabu (20/1/2021).

Baca juga: Setuju Nama Dewan Pengawas LPI, DPR Segera Surati Presiden Jokowi

Adies mengatakan seluruh fraksi di Komisi III DPR RI telah menyetujui dan menerima calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit.

"Kami menyetujui pemberhentian bapak Jenderal Pol Idham Azis sebagai Kapolri dan menyetujui pengangkatan Kapolri baru bapak Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo," kata politikus Golkar itu.

Seluruh fraksi di Komisi III setuju jenderal bintang tiga itu menggantikan Idham Azis setelah melalui proses uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test.

Baca juga: Ketua Komisi III soal Pandangan Fraksi Calon Kapolri: Jika Ada Perbedaan Akan Dilakukan Lobi

"Jadi kami semua di Komisi III seluruh perwakilan fraksi sudah menanyakan terkait makalah yang kemarin yang diajukan terkait visi misi beliau sebagai Kapolri, bagaimana kepolisian ke depan," kata dia.

"Dengan taglinenya presisi, Komisi III menyetujui pengangkatan bapak Sigit jadi Kapolri selanjutnya," katanya.

9 Janji dan Program Calon Kapolri Listyo Sigit

Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo memaparkan sejumlah komitmen, janji dan program jika terpilih sebagai orang nomor satu di kepolisian RI. 

Program-program itu disampaikan Komjen Listyo ketika menjalani fit and proper test sebagai calon tunggal Kapolri di Komisi III DPR RI, Rabu (20/1/2021).

Listyo menghadapi fit and proper test di DPR dengan memaparkan judul makalah "Transformasi Menuju Polri yang Presisi".

Presisi dalam judul makalah Listyo merupakan akronim dari prediktif, responsibilitas, transparasi berkeadilan.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini