News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Profil Amasya Anggraini Manganang, Kakak Aprilia Manganang yang juga Alami Hipospadia

Editor: Daryono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Amasya Anggraini Manganang, Kakak kandung Aprilia Manganang

TRIBUNNEWS.COM - Berikut ini profil Amasya Anggraini Manganang, kakak Aprilia Manganang yang juga alami hipospadia. 

Di balik sidang perubahan nama dan jenis kelamin Serda Aprilia Manganang yang gini berganti nama menjadi Aprilio Perkasa Manganang, muncul fakta baru. 

Fakta baru itu yakni kakak kandung Aprilia Manganang, yakni Amasya Anggraini Manganang ternyata juga mengalami hipospadia sama seperti sang adik.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa, dalam konferensi pers di Markas Besar (Mabes) TNI AD, Jakarta Pusat, Jumat (19/3/2021).

Baca juga: Kini Sah Jadi Lelaki Tulen, Aprilia Manganang 28 Tahun Tak Pernah Menstruasi karena Tak Punya Rahim

Amasya Manganang diketahui datang dari Kalimantan untuk menjenguk adiknya yang baru saja menjalani corrective surgery di RSPAD Gatot Soebroto.

Namun pada Selasa (16/3/2021) kemarin Amasya Manganang bercerita kepada Andika Perkasa bahwa ia juga ingin diperiksa seperti adiknya.

"Amasya sebenarnya datang ke sini untuk menengok adiknya. Tetapi hari Selasa malam kemarin, Amasya curhat ke saya, dari kata-katanya 'bapak saya juga ingin diperiksa."

"Kami siap, karena tujuan kami untuk membantu, apalagi adiknya sudah kami tangani. Menurut saya kami juga mempunyai tanggung jawab untuk memberikan solusi. Toh kami juga masih dalam batas kemampuan kami," kata Andika dikutip dari tayangan video di kanal YouTube Kompas TV, Jumat (19/3/2021).

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa beserta jajaran saat menemani mantan atlet voli putri dan juga anggota TNI Angkatan Darat Serda (K) Aprilia Santini Manganang saat menjalani sidang permohonan pergantian jenis kelamin dan pergantian nama yang dilakukan secara virtual di Markas Besar TNI Angkatan Darat, Jakarta Pusat, Jumat (19/3/2021).  (Tribunnews/JEPRIMA)

Andika pun langsung mengumpulkan tim dokter RSPAD yang sebelumnya menangani Aprilia Manganang untuk briefing dan melakukan pemeriksaan lengkap.

Pemeriksaan Amasya Manganang dilakukan selama dua hari dan sama seperti yang dijalani dengan Aprilia Manganang.

Ternyata dari hasil pemeriksaan, Amasya Manganang juga dinyatakan mengidap hipospadia yang parah seperti adiknya.

"Hasilnya sangat miris, ternyata Amasya juga tidak seberuntung kita dilahirkan dengan kelainan yang disebut hipospadia. Dan waktu itu diputuskan oleh yang membantu melahirkan atau orang tua sebagai wanita," terang Andika.

Amasya akan Jalani Corrective Surgery

Setelah hasil pemeriksaan menyatakan bahwa Amasya Manganang juga mengidap hipospadia, Andika pun memutuskan untuk menyiapkan corrective surgery pertama untuk Amasya.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini