News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kapal Selam Nanggala Hilang Kontak

Rasa Sedih Panglima TNI Saat Umumkan Seluruh Awak KRI Nanggala-402 Gugur

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kapal selam KRI Nanggala-402 berlayar mendekati dermaga Indah Kiat di Kota Cilegon, Banten, beberapa waktu lalu.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Rasa kesedihan terlihat dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat mengumumkan gugurnya 53 prajurit terbaik bangsa di Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang hilang dan tenggelam di perairan Bali.

Kesedihan itu mulai terlihat saat Panglima TNI menghela nafas panjang, berhenti sejenak sembari menatap ke depan dan melanjutkan konferensi pers pada bagian.

“Telah diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian dari KRI Nanggala-402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal MK11.”

Baca juga: Ketua DPR Minta Pencarian dan Evakuasi Jenazah Awak KRI Nanggala 402 Terus Dilakukan

Kemudian Panglima TNI melanjutkan pernyataannya secara perlahan, sejenak berhenti saat menyampaikan seluruh awak kapal KRI Nanggala-402 gugur.

“Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan....” ucap Panglima TNI berhenti dan menunduk sejenak, dalam konferensi pers di Bali, Minggu (25/4/2021).

Mata Panglima TNI terlihat tertutup sejenak, sebelum kembali melanjutkan, “... seluruh awaknya telah gugur.”

Baca juga: Panglima TNI Sampaikan Duka Mendalam atas Gugurnya 53 Prajurit KRI Nanggala 402

Suara Panglima terdengar tercekat dan bergetar.

“Oleh Karena itu dengan kesedihan mendalam, selaku Panglima TNI, saya nyatakan bahwa 53 personil yang on board KRI Nanggala-402 telah gugur,” ucapnya.

“Prajuri-prajurit terbaik Hiu Kencana telah gugur saat melaksanakan tugas di utara perairan Bali ,” kata Hadi terdengar bergetar.

Atas nama Panglima TNI, Hadi menyampaikan ucapan dukacita mendalam kepada keluarga 53 personil yang ada di dalam Kapal Selam KRI Nanggala-402 yang telah gugur saat melaksanakan tugas di perairam Bali.

Baca juga: Panglima TNI: Seluruh Awak KRI Nanggala-402 Telah Gugur

“Atas nama seluruh prajurit dan keluarga besar TNI, selaku Panglima TNI, saya sampaikan rasa dukacita sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga prajurit yang gugur,” ucap Panglima TNI.

“Semoga Tuhan yang Mahabesar memberikan keikhlasan, kesabaran dan ketahaban,” ucap Hadi.

Rasa dukacita tersebut juga Panglima TNI tujukan kepada seluruh keluarga besar Hiu Kencana, pada khususnya, serta seluruh personil Angkatan Laut pada umumnya.

Dia pun meyebut nama-nama prajurit Hiu Kencana yang gugur di KRI Nanggala-402.

“Kolonel Laut Pelaut Hari Setiawan, Letkol Laut Pelaut Heri Oktavian, beserta seluruh prajurit terbaik Hiu Kencana di KRI Nanggala-402,” ucapnya.

“Semoga Tuhan yang Maha Kuasa menerima seluruh amal ibadah dan pengabdian saudara-saudara. Semoga kami semua dapat meneruskan pengabdian paripurna saudara-saudara sebagai prajurit-prajurit terbaik Tentara Nasional Indonesia,” ujarnya.(*)

Update KRI Manggala

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini