News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Prakiraan Cuaca

PERINGATAN DINI BMKG Cuaca Ekstrem Senin, 7 Maret 2022: 27 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat

Penulis: Oktaviani Wahyu Widayanti
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi cuaca ekstrem - BMKG merilis peringatan dini untuk hari ini, 7 Maret 2022, terdapat 27 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk hari ini, Senin (7/3/2022) .

Terdapat beberapa wilayah yang mendapatkan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG.

Melalui laman resminya, BMKG memprediksi 27 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang.

Sementara, ada 4 wilayah diprediksi berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Baca juga: Peringatan Dini BMKG Senin 7 Maret 2022: Waspada Cuaca Ekstrem di Sejumlah Wilayah Indonesia

Baca juga: Prakiraan Cuaca Besok, Senin 7 Maret 2022, BMKG: 5 Daerah Berpotensi Hujan Petir

BMKG menginformasikan, terdapat sirkulasi siklonik terpantau di perairan sebelah barat Aceh, di Laut Sulawesi bag utara, di perairan sebelah utara Papua, di Jawa Timur, dan di Laut Timor.

Kondisi inilah yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Aceh, di Laut Sulu, di pesisir selatan Jawa, dari Belitung hingga perairan sebelah selatan Kalimantan Barat, di Papua Barat, di perairan sebelah selatan NTB, di perairan sebelah utara Bali di dari NTT bag timur hingga Laut Timor serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di NTT dan di perairan sebelah utara Papua.

Daerah Konvergensi lainnya terpantau memanjang di Aceh, di Sumatera Utara, dari pesisir barat Bengkulu hingga Sumatera Selatan, di Kalimantan Barat, di Kalimantan Tengah, di Kalimantan Utara, di Laut Sulawesi, di Sulawesi Utara, di Sulawesi bag Tengah, di Maluku Utara dan di Papua serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Selat Karimata bag selatan.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada Senin (7/3/2022) hari ini:

- Aceh

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Riau

- Bengkulu

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini