News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Roy Suryo Akan Dipolisikan Terkait Foto Stupa Mirip Jokowi, Pengacaranya Pertanyakan Motif Pelapor

Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pakar Telematika Roy Suryo bakal dilaporkan ke polisi oleh komunitas Dharmapala Nusantara karena menyebarkan foto stupa Candi Borobudur mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Terkait itu, Kuasa Hukum Roy, Pitra Romadoni mempertanyakan motif pelapor jika laporan soal kasus tersebut benar-benar dilakukan.

"Jadi kalau ada pihak lain yang ingin laporkan Roy perlu dipertanyakan hal tersebut motifnya apa, tujuannya apa," kata Pitra kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (16/6/2022) malam.

Baca juga: Soal Unggahan Foto Stupa Mirip Jokowi, Ketua Umum Dharmapala Nusantara akan Polisikan Roy Suryo

"Maka saya minta ke pihak lain, kalau ada yang lapor Roy motifnya sudah lain," sambungnya.

Menurutnya, kliennya tersebut bukan orang pertama yang mengunggah foto tersebut. Roy juga disebut Pitra tidak ada niatan apapun apalagi untuk menghina agama atau golongan tertentu.

Terlebih, Roy pun sudah menghapus unggahan tersebut dan meminta maaf atas polemik yang terjadi belakangan ini.

"Kalau bicara tentang posting yang retweet (menyukai) juga banyak. bukan hanya Bang Roy, kalau memang yang retweet dimention tiba-tiba dituduh ujaran kebencian dan penodaan agama itu bahaya sekali," ucapnya.

Sementara itu, Roy sendiri menanggapi santai perihal akan dilaporkannya soal unggahan foto itu ke Polda Metro Jaya.

Baca juga: Jadi Polemik, Roy Suryo Polisikan Pengunggah Pertama Foto Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi

Dia ingin membuka komunikasi dengan pelapor sebelum laporan tersebut resmi dibuat.

"Kebetulan saya belum memiliki kontak Kevin Wu bersama organisasi Dharmapala Nusantara. Tentu dengan segala hormat saya bersedia untuk berkomunikasi dan kita jelaskan. Karena berdasarkan apa yang dihujat, mereka mengira saya yang memposting pertama," ungkap Roy.

Sebelumnya, stupa Candi Borobudur yang diedit mirip wajah Presiden Joko Widodo (Jokowi) viral di media sosial. Gambar tersebut kemudian diukutip mantan politikus Partai Demokrat, Roy Suryo, melalui akun media sosialnya.

Meski sudah menghapus dan melakukan klarifikasi, namun Roy akan dilaporkan ke polisi karena dianggap ikut menyebar foto melalui media sosial. 

Pelapor itu adalah Ketua Umum Dharmapala Nusantara, Kevin Wu. Rencananya dia akan melaporkan akun Twitter @KRMTRoySuryo2 yang diketahui milik Roy Suryo pada Jumat (17/6/2022) sekira pukul 13.00 WIB.

Di samping itu, Kevin juga akan melaporkan orang yang mengedit foto tersebut. Namun, belum diketahui siapa pengedit foto hingga akhirnya tersebar luas di media sosial.

"Yang akan kita laporkan itu ada dua pihak. Yang pertama yang diduga mengedit lalu juga yang menyebarluaskan. Jadi ada dua pihak sepertinya. Kami akan melaporkan akun RoySuryo2, KRMTRoySuryo2. Pemilik akun itu," kata Kevin saat dihubungi, Kamis (16/6/2022).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini