News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Data Negara Bocor

Pemuda Madiun Bantu Hacker Bjorka Karena Ingin Terkenal dan Dapat Uang, Ditangkap Saat Jualan Es

Penulis: Adi Suhendi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

(Kiri) Prihatin, ibu dari pemuda berinisial MAH yang ditangkap karena diduga hacker Bjorka dan (Kanan) Foto profil Bjorka. MAH (21), pemuda Madiun, Jawa Timur, ditetapkan menjadi tersangka terkait kasus hacker Bjorka.

TRIBUNNEWS, COM, JAKARTA - MAH (21), pemuda Madiun, Jawa Timur, ditetapkan menjadi tersangka terkait kasus hacker Bjorka.

MAH sebelumnya diamankan aparat kepolisian di rumahnya, Desa Banjarsari Kulon, Kecamatan Dagangan, Madiun, Jawa Timur, pada Rabu (14/9/2022) malam.

Kemudian, MAH pada Jumat (16/9/2022) pagi, diantarkan pulang ke rumahnya oleh dua orang polisi setelah menjalani pemeriksaan.

Belakangan MAH ternyata sudah ditetapkan menjadi tersangka oleh pihak kepolisian karena diduga membantu hacker Bjorka membuat grup telegram.

"Jadi timsus telah melakukan beberapa upaya dan berhasil melakukan mengamankan, tersangka inisial MAH," kata Juru Bicara Divhumas Polri Kombes Ade Yaya Suryana kepada wartawan, Jumat (16/9/2022).

Yaya menuturkan bahwa tersangka MAH diduga berperan membuat grup telegram dengan nama Bjorkanism.

Baca juga: Orangtua MAH Kini Bingung Anaknya Jadi Tersangka Kasus Hacker Bjorka: Padahal Sudah Dipulangkan

Dia menuturkan bahwa channel itu diduga mengunggah seputar informasi terkait Bjorka.

"Adapun peran tersangka merupakan bagian dari kelompok Bjorka yang berperan sebagai penyedia channel telegram dengan nama channel Bjorkanism. Selanjutnya channel telegram tersebut digunakan untuk mengupload informasi yang berada pada breadshet," ungkapnya.

Dijelaskan Ade, tersangka pernah mengunggah di channel @Bjorkanism sebanyak tiga kali yaitu tanggal 8 September 2022. Isinya terkait konten Bjorka yang berjudul Stop Being Idiot.

Baca juga: Bjorka Sebut Jokowi Akan Copot Menkominfo, Begini Respons Johnny G Plate

"Kemudian tanggal 9 September 2022 dalam tanda petik the next leaks will come from the president of Indonesia, dan tanggal 10 September 2022 dalam tanda petik to support people who has stabbling by holding demonstration in Indonesia regarding the price fuel oil, i will publish myPertamina database soon. Jadi itu yang dipublish oleh tersangka tersebut," jelasnya.

MAH disebut ingin terkenal

Kombes Ade Yaya Suryana pun mengungkap motif MAH membantu Bjorka.

MAH membantu Bjorka karena ingin terkenal dan mendapatkan banyak uang.

"Adapun motifnya, motif tersangka membantu Bjorka agar dapat menjadi terkenal dan mendapatkan uang," kata Ade.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini