News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Azyumardi Azra Meninggal Dunia

Keluarga Ungkap Kondisi Azyumardi Azra sebelum Wafat: Tiba-tiba Drop saat Tiba di Malaysia

Penulis: Naufal Lanten
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Armia Putriana, Keponakan Ketua Dewan Pers Prof Dr Azyumardi Azra beri keterangan di Rumah Duka, di Perumahan Puri Laras 2, Ciputat, Tangerang Selatan, Minggu (18/9/2022).

Laporan Reporter Tribunnews.com, Naufal Lanten

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kondisi terakhir Almarhum Prof Azyumardi Azra sehat ketika hendak berangkat ke Malaysia untuk mengisi sebuah seminar di Selangor.

Namun kondisi jantung yang kurang stabil membuatnya sempat mengalami drop.

Hal itu diungkap Armia Putriana, yang merupakan Keponakan Ketua Dewan Pers Prof Dr Azyumardi Azra di rumah duka di Perumahan Puri Laras 2, Ciputat, Tangerang Selatan, Minggu (18/9/2022).

“Jumat bapak ke Kuala Lumpur itu kondisi keadaan sehat wal afiat. Makan juga sehat enggak ada keluhan apapun,” ujar Armia Putriana kepada wartawan.

“Setelah 20 menit mau mendarat ke Kuala Lumpur, bapak ada masalah dengan kesehatan langsung dibawa ke Hospital Serdang,” lanjutnya.

Dijelaskannya, saat di Hospital Serdang, doker yang bertugas mengatakan kondisi mendiang yang mulai kritis. Bahkan denyut nadi almarhum sempat hilang sesaat.

“Sempat 10 menit bapak hilang nadinya itu dengan pacu jantung yang lain ada lagi,” katanya.

“Saat itu bapak ditidurkan, dengan kondisi ditidurkan untik memaksimalkan penyembuhan dan pemulihan bapak,” tuturnya lagi.

Armia menjelaskan, Azyumardi memang memiliki permasalahan lemah jantung, sehingga rentan tertekan oleh bagian paru-paru.

Baca juga: Tamu dan Kerabat Berdatangan, Begini Suasana di Rumah Duka Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra

Pihak keluarga, kata dia, sebelumnya sudah berencana memindahkan almarhum dari Hospital Serdang. Namun, itu masih menunggu kondisi almarhum stabil terlebih dahulu.

“(Tapi) 12.30 waktu KL bapak dinyatakan dokter udah ga ada,” tuturnya.

Sebelumnya diketahui, Prof Azyumardi Azra mengalami sesak napas saat berada di dalam pesawat untuk kunjungan kerja menuju Malaysia. 

Azyumardi kemudian menjalani perawatan intensif oleh tim dokter di Rumah Sakit Selangor, Malaysia.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini