News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Revolusi Hijau, Sejahterakan Para Petani Hingga Cukupi Kebutuhan Pangan Negara

Penulis: Muhammad Fitrah Habibullah
Editor: Bardjan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sahbirin Noor, Gubernur Kaltim dan Tokoh Golkar.

TRIBUNNEWS.COM - Indonesia dikenal sebagai negara agraris dengan hasil kekayaan pertanian yang melimpah. Sejak dulu hingga kini, Indonesia kaya akan sumber daya hasil pertanian.

Salah satunya berkat program Revolusi Hijau, salah satu program dunia yang dipakai untuk meningkatkan hasil pertanian, Indonesia termasuk yang melakukannya secara konsisten.

Sudah dicetuskan sejak 1960-an dan mulai berjalan sejak tahun 1984, program Revolusi Hijau di Indonesia dampaknya masih bisa dirasakan hingga kini.

Pada tahun yang sama juga pemerintah Indonesia menciptakan program panca usaha tani yang berfokus pada penggunaan bibit unggul, pemupukan teratur, irigasi yang baik, sampai teknik penanaman teratur dengan sistem dan teknologi yang membantu para petani.

Berkat Revolusi Hijau, Indonesia berhasil mencapai swasembada pangan. Tercatat indonesia berhasil melakukan swasembada beras dengan memproduksi 25,8 ton.

Bahkan, Indonesia juga berhasil mendapatkan penghargaan dari organisasi pangan dunia FAO di tahun 1985. Sampai detik ini pun revolusi hijau terus dilakukan dan terus memberikan kebermanfaatan.

Di Kalimantan Selatan misalnya, revolusi hijau dilakukan untuk penanganan kerusakan hutan sambil membuka lahan.

Gubernur Kalimantan Selatan sekaligus pemimpin Golkar Dr. H. Sahbirin Noor menjelaskan bahwa lewat program revolusi hijau, penanganan kerusakan hutan bisa dilakukan dan memiliki hasil yang baik.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan mengklaim dapat merehabilitasi seluas 30 ribu hektare kawasan hutan setiap tahunnya. Lewat program revolusi hijau, penanganan kerusakan hutan berjalan signifikan.

“Sebelum adanya revolusi hijau ini, kemampuan rehabilitasi kawasan hutan hanya sekitar 500 hektare per tahunnya,” ujarnya.

Selain itu, untungnya program Revolusi Hijau ini apa sih? Revolusi hijau terbukti membuat petani makin sejahtera dan negara mampu mencukupi dan memenuhi kebutuhan pangan negara.

Saat ini, petani tak lagi kesulitan mengelola lahan dan hal ini membuat petani makin mudah dalam bekerja sehingga petani, pedagang, dan semua masyarakat makin sejahtera.

Sejak dari masa sebelum reformasi, revolusi hijau telah memberikan manfaat besar untuk meningkatkan panen petani dan kesejahteraan rakyat kecil.

Untuk itu, Golkar siap terus mengawal dan mendorong terlaksananya revolusi hijau di Indonesia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini