News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bursa Capres

Ini Elektabilitas Ganjar Pranowo Berdasarkan Hasil 6 Lembaga Survei dalam Sebulan Terakhir

Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo beserta istri, Siti Atikoh muncul di tengah-tengah peserta mengikuti acara Bank Jateng Friendship Run, event lari marathon 5 KM dalam rangka pemanasan Borobudur Marathon 2022 pada November mendatang. Sejumlah lenbaga survei mempublikasikan hasil survei Capres 2024.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  -  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah menyatakan kesiapannya maju sebagai calon presiden (capres) 2024.

Namun hingga kini belum ada partai politik yang memiliki kursi di parlemen yang mengusung Ganjar Pranowo.

Kecuali, partai baru Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang belum memiliki syarat menggusung capres  telah mendeklarasikan Ganjar sebagai capres 2024.

Kendati demikian, nama Ganjar Pranowo memiliki elektabiltitas yang cukup tinggi bahkan kerap masuk tiga besar bersama dengan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

Baca juga: Megawati Buka Suara soal Ganjar Pranowo Siap Jadi Capres, Minta Kadernya Jangan Grusa-grusu

Berikut elektabilitas Ganjar Pranowo dalam enam survei terakhir yang  dirangkum Tribunnews.com, Senin (24/10/2022) dari berbagai sumber:

1. Survei SMRC

Syaiful Mujani Research and Consulting (SMRC) melakukan simulasi semi terbuka terkait sosok calon presiden yang bakal dipilih di Pilpres 2024 mendatang.

Hasilnya, Ganjar Pranowo menempati posisi teratas dengan angka 24 persen, disusul Prabowo Subianto di 21 persen dan Anies Baswedan 18,7 persen.

Direktur SMRC Deni Irvani mengatakan tiga nama ini cukup menonjol dibanding nama-nama lain.

Hal itu disampaikannya dalam Rilis Survei Terbaru SMRC bertajuk ‘Anies Bisa Mengalahkan Prabowo?’ secara virtual, Minggu (23/10/2022).

Dilanjutkannya bahwa nama selanjutnya yang muncul dalam sepuluh besar ialah Ridwan Kamil dengan angka 3,5 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 2,3 persen, Puan Maharani 2,1 persen, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin 1,8 persen

Sementara itu sebanyak 11,1 persen warga yang menjadi responden belum tahu atau menentukan polihan jika pemilihan diadakan ketika survei.

Adapun survei dilakukan pada periode 3 sampai 9 Oktober 2022 yang dilakukan kepada Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 17 tahun ke atas.

Dari populasi tersebut, dipilih secara acak (multi random sampling) sebanyak 1.220 responden.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini