News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Gempa Berpusat di Cianjur

Pimpinan DPR RI Dorong Penguatan Pola Mitigasi Bencana di Daerah

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Anjing pelacak dilibatkan dalam pencarian warga yang tertimbun saat proses evakuasi di lokasi longsoran tebing di Jalan Raya Puncak, Kampung/Desa/Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022). Longsor di Kampung Cigenang ini dampak dari gempa bumi berkekuatan 5,6 magnitudo pada Senin, 21 November 2022 sekitar pukul 13.15 WIB, yang mengakibatkan akses jalan terputus, serta sejumlah bangunan, kendaraan dan warga tertimbun. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pimpinan DPR RI menyampaikan duka cita mendalam atas musibah gempa bumi yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11/2022).

Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengajak seluruh pihak terkait untuk bergotong royong membantu masyarakat yang menjadi korban gempa bumi Cianjur.

"Pertama kami ucapkan turut berduka cita mendalam kepada korban dan keluarga korban yang mengalami kerugian baik moril, materil maupun yang meninggal dunia," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/11/2022).

"Saya juga mengimbau kepada yang terkait, Basarnas, BNPB, terutama pemkab Jawa Barat dan Cianjur dan kepolisian menolong para korban baik yang luka-luka, trauma pasca bencana maupun yang kehilangan tempat tinggal," imbuhnya.

Di sisi lain, Dasco berbicara mengenai kesiapan untuk menghadapi potensi bencana alam yang terjadi.

Menurutnya, pola mitigasi bencana di daerah perlu diperkuat lagi agar mengurangi risiko dan dampak dari bencana alam.

"Mungkin kami akan minta komisi teknis terkait untuk duduk bersama dengan pihak pemerintah untuk mungkin membuat pola mitigasi atau alat deteksi yang bisa memperingatkan lebih dini agar tidak terjadi hal-hal seperti ini terulang kembali," pungkasnya.

Baca juga: Gempa M 7,0 Guncang Kepulauan Solomon, Sempat Picu Peringatan Tsunami

Sebagai informasi, Gempa bumi dengan magnitudo 5,6 diketahui punya titik episenter di pertengahan Sukabumi dan Cianjur, Jawa Barat.

Gempa ini terjadi pada Senin (21/11/2022) pukul 13.21 WIB. Guncangan gempa tersebut bahkan terasa hingga Jabodetabek.

BMKG menduga gempa di Cianjur terjadi akibat aktivitas Sesar Cimandiri, dan merupakan jenis gempa bumi dangkal.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini