News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Helikopter Polri Jatuh di Belitung

Spesifikasi Helikopter NBO 105 Polri yang Jatuh di Perairan Belitung Timur

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Spesifikasi helikopter Polri jenis NBO 105 yang jatuh di perairan Bangka Belitung pada Minggu (27/11/2022).

TRIBUNNEWS.COM, BELITUNG - Helikopter bernomor BO-105, dengan nomor registrasi P-1103 milik Badan Pertahanan dan Keamanan (Baharkam) Polri diduga jatuh di perairan Bukulimau, Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung, Minggu (27/11/2022) siang. 

Helikopter tersebut mengangkut empat anggota polisi.

Keempat anggota tersebut yakni AKP Arif Rahman Saleh yang merupakan Capt Helikopter, Briptu Lasminto, Aipda Joko M dan Bripda Anam. 

Helikopter tersebut membawa empat anggota Polri dari Pangkalan Bun, Palangka Raya Kalimantan menuju Tanjungpandan, Belitung.

Baca juga: Kapolri Pastikan Proses Pencarian Kru Helikopter P-1103 Dilakukan Secara Maksimal

Hingga Senin (28/11/2022) siang, Tim SAR Gabungan sudah menemukan seorang korban, yakni Bripda Khoirul Anam dalam kondisi meninggal dunia.

Sementara korban lainnya belum ditemukan.

Diketahui sebelum jatuh, Helikopter NBO 105 milik Korps Polairud Baharkam Polri ini sempat hilang kontak di perairan Belitung Timur, Minggu (27/11/2022) sekitar pukul 14.40 WIB dengan ketinggian 3.500 feet.

Posisi hilang kontak helikopter tersebut adalah di Perairan Buku Limau, Manggar dengan jarak 30 NM atau 55,56 KM dari ARP Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjungpandan.

Serpihan helikopter dengan nomor registrasi P-1103 tersebut ditemukan tim SAR gabungan menyusul ditemukannya salah satu kru helikopter yakni mekanik teknisi Bripda Khoirul Anam pada Senin (28/11/2022) pagi.

"Serpihan yang ditemukan berupa satu buah tas ransel warna hitam berisikan pakaian, tangki dan serpihan lainnya di perairan Burung Mandi," kata Kapolda Bangka Belitung, Irjen Pol Yan Sultra melalui Kabid Humas Polda Bangka Belitung Kombes (Pol) Maladi kepada Bangkapos.com di Mapolda Babel, Senin (28/11/2022).

Diketahui, helikopter itu terbang dalam rangka melaksanakan kegiatan ferry flight dari Polda Kalimantan Tengah menuju Mako Ditpoludara Korpolairud Baharkam Polri.

Empat kru dalam helikopter tersebut yakni Capt pilot AKP Arif Rahman Saleh, Co pilot Briptu Lasminto, Mekanik Teknis Bripka Joko Mudo dan Mekanik Teknis Bripda Khoirul Anam.

Baca juga: Sosok Bripda Khoirul Anam, Polisi Asal Magetan Korban Insiden Helikopter Jatuh di Bangka Belitung

Spesifikasi Helikopter NBO 105

Helikopter NBO 105 adalah sebuah helikopter ringan, serbaguna, bermesin ganda, yang diproduksi oleh IPTN (sekarang PT Dirgantara Indonesia) di bawah lisensi dari MBB (sekarang Airbus Helicopters) sejak 1976.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini