News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Serahkan Tongkat Komando ke Laksamana TNI Yudo Margono, Andika Perkasa: Saya Merasa Lega

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Seno Tri Sulistiyono
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Mabes TNI menggelar upacara serah terima jabatan (Sertijab) Panglima TNI dari Jenderal TNI Andika Perkasa kepada Laksamana TNI Yudo Margono, Selasa (20/12/2022) di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Jenderal TNI Andika Perkasa resmi menyerahkan tongkat estafet Panglima TNI kepada Laksamana TNI Yudo Margono.

Penyerahan tersebut dilaksanakan pada upacara Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Panglima TNI di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Selasa (20/12/2022).

Tentu upacara tersebut, usai pelantikan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 91/TNI/2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia. Keppres tersebut ditetapkan di Jakarta pada tanggal 19 Desember 2022.

Di sela-sela Sertijab, Jenderal Andika Perkasa pun mengungkapkan perasannya setelah mengakhiri jabatannya sebagai Panglima TNI sekaligus masa dinas aktifnya sebagai prajurit di TNI.

Baca juga: Jabatan Panglima TNI Tak Sampai Setahun, Laksamana Yudo Margono: Saya kerjakan Maksimal

Pasalnya, Andika yang merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1987 ini akan pensiun pada 1 Januari 2023.

"Perasaan saya, saya merasa lega. Saya menyudahi dinas aktif saya di TNI sejauh saya berusaha," ungkap Andika sambil tangan kirinya memegang dada.

Andika juga mengatakan, penilaian atas tugas dan tanggung jawabnya sebagai Panglima TNI dan tugas-tugas lain di kemiliteran yang telah dijalankannya selama ini, bukanlah miliknya melainkan orang lain.

Kini, hal yang terpenting baginya adalah dirinya bersama istri, Hetty Andika Perkasa, dan keluarga telah menjalankan tugas sejauh yang mereka mampu.

"Penilaian itu bukan punya saya, itu punya setiap orang yang menilai. Yang penting saya bersama istri dan keluarga saya sudah menyelesaikan tugas saya sampai dengan akhir," kata Andika.

Jenderal TNI Andika kini tinggal menunggu 11 hari jelang masa purna tugasnya di kemiliteran.

Saat ditanya perihal kegiatannya pascatidak lagi menjabat sebagai Panglima TNI dan purnatugas sebagai prajurit TNI, Andika belum mau membeberkan secara terbuka.

Pasalnya, dia menegaskan kini masih mengemban tugas sebagai seorang prajurit TNI bintang empat.

Dia hanya meminta agar selepas pensiun, dirinya bisa kembali bertemu dengan awak media di lain kesempatan.

"Nah, saya pensiun nanti mulai 1 Januari 2023, walaupun sekarang serah Terima tapi kami sesuai dengan peraturan yang berlaku baru 1 Januari. Apa yang saya lakukan? Ya nanti saja setelah saya pensiun, kita ketemu lagi," ucap Andika.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini