News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Depo Plumpang Terbakar

Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Sebagian Korban Alami Luka Bakar di Wajah dan Tangan

Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Mobil ambulans membawa korban akibat kebakaran Depo Pertamina di kawasan Plumpang, Jakarta Utara, Jumat (3/3/2023) malam. Kebakaran yang melanda Depo Plumpang terjadi pada sekitar pukul 20.00 WIB. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN

TRIBUNNEWS.COM - Korban luka-luka akibat kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Jakarta Utara dilarikan ke sejumlah rumah sakit terdekat dari lokasi, Jumat (3/3/2023). 

Satu di antara rumah sakit yang menjadi rujukan, yakni RS Mulyasari, Koja, Jakarta Utara.

Ada belasan korban luka bakar dilarikan ke rumah sakit tersebut. Mereka langsung ditangani di instalasi gawat darurat (IGD).

Sebagian korban mengalami luka bakar di bagian wajah dan tangan.

Menurut pantauan Kompas.com, ruangan IGD cukup padat karena pasien didampingi keluarga.

Seorang di antaranya tampak merintih kesakitan. Ia mengalami luka bakar di wajah, tangan, dan kakinya. Tangannya dibalut perban.

Sementara pendampingnya terus mengipasi korban yang gelisah dan mengerang menahan sakit.

Baca juga: Seorang Pemuda Histeris Ingin Terobos Kebakaran Depo Pertamina Plumpang: Orang Tua Saya di Dalam Pak

Para perawat telah mengoleskan krim ke luka bakar sejumlah korban yang dirawat di sana.

Perawat juga memberikan bantuan oksigen kepada pasien lainnya.

Dokter Umum RS Mulyasari, Aditya Rachman mengatakan, RS tersebut hanya memberikan pertolongan pertama bagi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang.

Sesuai prosedur, dokter dan perawat memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan kepada korban seperti krim untuk luka bakar, perban, dan oksigen.

"Semua dapat tabung oksigen, cairan terpenuhi, antibiotik terpenuhi," ujar Aditya.

Sebagai informasi, kebakaran hebat di Depo Pertamina Plumpang pada Jumat malam menewaskan 14 orang dan menyebabkan sedikitnya 42 orang luka-luka.

Warga memadamkan api yang membakar rumahnya akibat kebakaran Depo Pertamina di kawasan Plumpang, Jakarta Utara, Jumat (3/3/2023) malam. Kebakaran yang melanda Depo Plumpang terjadi pada sekitar pukul 20.00 WIB. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Pantauan Kompas.com, korban tewas sudah dimasukkan ke kantong jenazah dan dijejerkan di posko darurat.

Sementara itu, korban luka telah dievakuasi ke Rumah Sakit Koja, Rumah Sakit Tugu, Rumah Sakit Mulya Sari, dan Rumah Sakit Pelabuhan.

Diberitakan sebelumnya, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) III membenarkan kebakaran yang terjadi di pipa penerimaan BBM di Depo Plumpang, Koja, Jakarta Utara, Jumat malam.

"Terjadi insiden terbakarnya pipa penerimaan BBM di Integrated Terminal BBM Jakarta, Plumpang," ujar unit Manager Communication Relations dan CSR Pertamina MOR III Eko Kristiawan, melalui pesan singkat, Jumat.

Berdasarkan keterangan Command Center Badan Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulmarmat), informasi pertama soal peristiwa itu diterima petugas pada pukul 20.11 WIB.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini