News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mengejutkan, Renovasi Ruang Kerja Anggota DPD yang Bocor Habiskan Biaya Rp 14,4 Miliar

Editor: Choirul Arifin
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ruang kerja anggota DPD Agustin Teras Narang di gedung DPD RI Senayan, dikabarkan akan direnovasi biaya hingga Rp14,4 miliar. TRIBUNNEWS/HERUDIN

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggaran renovasi ruang kerja anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang dikeluhkan sering bocor memakan biaya hingga Rp14,4 miliar.

Hal ini mengejutkan masyarakat lantaran biayanya terlalu mahal. Semewah apa sebenarnya renovasi ruang kerja yang dikeluhkan bocor tersebut?

Tribunnews berkesempatan langsung mengintip ruang kerja mantan Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang, di Gedung DPD RI, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (9/6/2023) yang kabarnya bakal direnovasi tersebut.

Dari lorong lantai dua gedung A DPD RI, tampak tak ada kerusakan yang terlihat pada pintu masuk ruang sekretariat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Namun, kondisi ruangan yang mengkhawatirkan langsung terlihat sesaat memasuki ruangan sekretariat tersebut.

Pandangan mata langsung tertuju pada plafon atau langit-langit ruang sekretariat Provinsi Kalteng yang berlubang, akibat beberapa plafon yang runtuh. Bahkan, karpet yang melapisi lantai ruang sekretariat terlihat kotor karena sejumlah bagian dipenuhi debu reruntuhan plafon.

Kepala Biro Umum Setjen DPD RI Empi Muslion mengatakan, Agustinus Teras Narang sempat meminta kepadanya melalui surat resmi agar ruangan sekretariat itu diperbaiki.

"Mantan Gubernur Kalteng Teras Narang meminta agar dilakukan perbaikan ruangan kerja anggota dan sekretariat. Karena kondisi memperihatinkan. Ini sudah lama," kata Empi, saat ditemui di gedung DPD RI.

Soal plafon yang runtuh, Empi menjelaskan kerap terjadi kebocoran air saat hujan mengguyur. Sebab, plumbing atau saluran air tampak terlihat dari lubang plafon yang runtuh itu.

Baca juga: Anggaran Renovasi Rp4,8 Miliar, Begini Kondisi Urinoir Toilet di Gedung DPD RI

"Plafonnya jatuh bocor. Kalau hujan bocor. Sudah ke mana-mana airnya, plumbingnya
juga (bocor)," kata dia.

Dia menjelaskan di ruang sekretariat itu terdapat selang yang sengaja disetel untuk mengalirkan air hujan yang bocor ke ember di dalam ruangan.

Empi mengungkapkan, DPD RI sebagai lembaga negara kerap malu saat menerima tamu. "Malu kami setiap ada tamu," ungkapnya.

SelainĀ  ruang kerja anggota DPD, anggaran renovasi toilet gedung Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI yang memakan biaya senilai Rp4,8 Miliar juga jadi sorotan.

Baca juga: DPD RI Jadi Sorotan, Anggarkan Renovasi Toilet Rp4,8 Miliar dan Ruangan Kerja Rp14,4 Miliar

Pantauan Tribunnews di lokasi, gedung DPD RI terbagi menjadi dua, yakni gedung A dan B. Dalam setiap gedung terdapat empat lantai, yang masing-masingnya tersedia 4 buah toilet.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini