News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mahasiswa FISIP UAJY Gelar Pameran Foto 'Cerita dari Solo' di Bentara Budaya Yogyakarta 13-17 Juli

Editor: Wahyu Gilang Putranto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Mahasiswa FISIP UAJY menggelar pameran foto bertajuk Cerita dari Solo: Yang Tersua di Satu Masa di Bentara Budaya Yogyakarta, 13-17 Juli 2023.

TRIBUNNEWS.COM - Tim Studi Independen Multikulturalisme Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) menggelar pameran foto bertajuk "Cerita dari Solo: Yang Tersua di Satu Masa" di Bentara Budaya Yogyakarta, 13-17 Juli 2023.

Pameran foto akan dibuka pada 13 Juli 2023 pukul 19.00 - 21.00 WIB.

Ada juga agenda dalam rangkaian pameran foto tersebut, yaitu :

- Jumat, 14 Juli 2023 mulai pukul 18.30 WIB: Nobar "Cerita dari Solo" dan Berbagi Pengalaman

- Minggu, 16 Juli 2023 mulai pukul 18.30 WIB: Diskusi novel Rasina karya Iksaka Banu

Sebanyak 101 foto yang tersaji dalam pameran ini adalah refleksi 15 mahasiswa FISIP UAJY atas “perubahan sosial” yang terjadi di Kota Solo.

Surakarta atau Solo, kota penting bagi peradaban Jawa, tengah menggeliat.

Baca juga: 8 Seniman Indonesia dan Korea Selatan Tampilkan Dunia Ketiga Lewat Pameran Seni Antariksa Yogyakarta

Di bawah kepemimpinan Wali Kota Gibran Rakabuming Raka, pemerintah kota giat membangun wajah baru kota budaya ini. Solo seolah sedang membangkitkan memori kolektif sebagai kota budaya.

Banyak event kebudayaan digelar. Sejumlah situs budaya direvitalisasi. Terakhir, berdiri tugu keris dari semen cor berlapis perunggu. Pura Mangkunegaran juga berbenah.

Terakhir, Pracima Tuin —Taman Pracima— yang dulunya hanya diperuntukkan bagi keluarga Mangkunegaran, kini terbuka untuk umum.

Selama satu bulan penuh, 15 mahasiswa tersebut tinggal di Solo, setelah bolak-balik Yogya-Solo untuk melakukan pra-riset.

Kelima belas mahasiswa tersebut tergabung dalam “Tim Studi Independen Multikulturalisme”, suatu proyek kolaborasi antara Penerbit Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) dan FISIP UAJY.

Sekaligus sebagai pelaksanaan program “Merdeka Belajar Kampus Merdeka” (MBKM) dengan pendekatan proyek. Didukung oleh Kompas Gramedia, Bentara Budaya, Kognisi.id, PT PLN (Persero), Tanoto Foundation, dan BRI.

Mahasiswa diajak keluar dari menara gading kampus untuk belajar melihat realitas, sekaligus berkarya dengan standar profesional. Dengan pendekatan tersebut, mahasiswa dituntut menghasilkan karya berupa buku foto, film dokumenter, dan pameran foto-video.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini