News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kebakaran di Museum Gajah

Mendikbudristek Minta Aparat Kepolisian Segera Investigasi Penyebab Kebakaran Museum Nasional

Penulis: Ibriza Fasti Ifhami
Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim mengunjungi lokasi kebakaran Museum Nasional di Jakarta pada Minggu (17/9/2023) dini hari.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ibriza Fasti Ifhami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim meminta aparat kepolisian segera melakukan investigasi terkait kebakaran Museum Gajah atau Museum Nasional.

Diketahui, Museum Nasional di Jakarta Pusat ini mengalami kbakaran pada Sabtu (16/9/2023) malam sekira pukul 19.45.

"Jadi ini merupakan hal yang sangat menyedihkan buat kami bahwa ini bisa terjadi. Tentunya tadi kami juga berbicara dengan aparat kepolisian untuk bisa segera melakukan investigasi mengenai apa alasan dan penyebab kebakaran tersebut," kata Nadiem Makarim saat ditemui di depan Museum Gajah, Jakarta Pusat, Minggu (17/9/2023) dini hari.

Nadiem mengungkapkan penyelamatan artefak-artefak dan benda bersejarah menjadi prioritas utama saat ini.

"Jadi mungkin pertama prioritas utama kita sekarang adalah sebenarnya menyelematkan sebanyak mungkin artefak-artefak atau benda-benda bersejarah yang ada di dalam ruangan-ruangan yang terdampak oleh kebakaran ini itu adalah piroritas utama kami," kata Nadiem.

Baca juga: Polisi Pastikan Tidak Ada Korban Jiwa dalam Kebakaran di Museum Nasional

Ia mengatakan tim gabungan telah dibuat untuk menginvestigasi penyebab kebakaran.

Adapun tim gabungan itu berisi tim museum dan pakar-pakar museum yang akan bekerja sama dengan pihak kepolisian dan pemadam kebakaran (damkar).

"Jadinya kami telah berkoordinasi, jadi kami membuat tim gabungan antara tim museum dan pakar-pakar museum yang akan bekerja sama dengan aparat kepolisian dan juga aparat pemadam kebakaran untuk memastikan bahwa benda-benda tersebut bisa kita catat apa kerusakannya dan juga bisa kita amankan bagi yang bisa diamankan," ucapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini