News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Reshuffle Kabinet

Diisukan Jadi Menteri Jokowi, AHY: Tidak Ada Pembahasan Tentang Itu

Penulis: Muhamad Deni Setiawan
Editor: Nanda Lusiana Saputri
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), membantah isu yang menyebut dirinya akan ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju.

TRIBUNNEWS.COM - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), membantah isu yang menyebut dirinya akan ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju.

Ia menyatakan tidak ada pembahasan mengenai hal itu, terutama terkait posisi Menteri Pertanian (Mentan) yang ramai menjadi perbincangan beberapa waktu terakhir.

"Oh, enggak ada. Saya memang mengikuti, beredar rumor di masyarakat, tetapi tidak ada itu. Tidak ada pembahasan tentang itu," ujar AHY kepada wartawan di Kertanegara, Jakarta Selatan, Rabu (25/10/2023), dikutip dari YouTube Kompas TV.

Baca juga: BREAKING NEWS: Jokowi Resmi Lantik Amran Sulaiman Jadi Menteri Pertanian

Mengenai posisi di Kementerian Pertanian (Kementan), Jokowi telah melantik Andi Amran Sulaiman sebagai Menteri Pertanian (Mentan) menggantikan Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Amran dilantik oleh Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (25/10/2023). 

Ia merupakan mantan Mentan di Kabinet Kerja era pemerintahan Jokowi periode 2014-2019.

Jokowi memimpin langsung pengambilan sumpah jabatan pejabat negara tersebut.

"Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara," kata Amran, Rabu, dikutip dari YouTube KompasTV. 

Amran sendiri mempunyai latar belakang sebagai seorang pengusaha. 

Namun, pendidikan dan sebagian kariernya berkisar pada bidang pertanian. 

Sebelum didapuk menjadi Mentan era Kabinet Kerja Jokowi, ia merupakan pemimpin Tiran Group, sebuah perusahaan konglomerat di Makassar.

Ia juga merupakan dosen ilmu pertanian di Universitas Hasanuddin yang dikelola pemerintah.

Andi Amran Sulaiman dilantik menjadi Menteri Pertanian menggantikan Syahrul Yasin Limpo (SYL, Rabu (25/10/2023) pagi. (Capture video Sekretariat Presiden)

Isu AHY Jadi Menteri Pertanian

Sebelum Amran dilantik menjadi Mentan, nama AHY memang menjadi salah satu nama yang digadang-gadang untuk mengisi posisi tersebut, tetapi nyatanya tak terwujud.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini