News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Prakiraan Cuaca

Cuaca Hari Ini - BMKG: Hujan Lebat Diperkirakan Terjadi di 26 Wilayah pada Senin, 13 November 2023

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Suci BangunDS
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi cuaca hujan - Simak informasi BMKG peringatan dini cuaca ekstrem hari ini, Senin (13/11/2023) hujan lebat diperkirakan terjadi di 26 wilayah berikut.

TRIBUNNEWS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem hari ini, Senin (13/11/2023).

Dikutip dari laman resmi BMKG, sirkulasi siklonik terpantau di Teluk Thailand dan Laut Natuna yang membentuk daerah konvergensi di Selat Malaka, hingga laut Natuna.

Kondisi tersebut, mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang di Selat Karimata, Laut Jawa, Kep. Riau, Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Maluku Utara, Laut Halmahera, dan Samudera Pasifik sebelah utara Papua.

Baca juga: Prakiraan Cuaca Hari Ini, Senin 13 November 2023, BMKG: 26 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat dan Angin

Sedangkan daerah pertemuan angin (konfluensi) terpantau memanjang di Sulawesi bagian utara, Maluku Utara dan di Papua Barat.

Kondisi tersebut, mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut beberapa wilayah yang berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang dikutip dari bmkg.go.id:

Senin, 13 November 2023

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

• Sulawesi Tengah

• Sulawesi Utara

• Sumatera Barat

• Sumatera Selatan

• Sumatera Utara

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini