News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Hari Nusantara

Peringatan Hari Nusantara 2023 di Tidore, Bandara Sultan Babullah Jadi Pintu Masuk Jalur Udara

Penulis: Lanny Latifah
Editor: Febri Prasetyo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bandara Sultan Babullah - Untuk mendukung rangkaian peringatan Hari Nusantara 2023, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan telah memastikan Bandara Sultan Babullah Ternate di Provinsi Maluku Utara siap menjadi pintu masuk jalur udara.

TRIBUNNEWS.COM - Acara peringatan Hari Nusantara dilangsungkan pada hari ini, Rabu (13/12/2023).

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun ditunjuk oleh Menko Marves sebagai Ketua Pelaksana Penyelenggaraan Hari Nusantara 2023.

Acara peringatan Hari Nusantara 2023 dipusatkan di Kota Tidore, Kepulauan Maluku Utara, pada tanggal 10-13 Desember 2023.

Baca juga: Acara Puncak Hari Nusantara 2023 di Kota Tidore Hari Ini, Kemenhub Siapkan 30 Unit Bus dan 4 Kapal

Acara sudah dimulai sejak 10 Desember oleh Pemda setempat.

Namun, puncak peringatan Hari Nusantara akan diselenggarakan pada hari ini, Rabu (13/12/2023).

Untuk mendukung rangkaian peringatan Hari Nusantara 2023, Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kementerian Perhubungan telah memastikan Bandara Sultan Babullah Ternate di Provinsi Maluku Utara siap menjadi pintu masuk jalur udara.

"Saat ini Bandara Sultan Babullah memiliki panjang runway 2.300 meter x 45 meter, sehingga dapat melayani pesawat tipe Boeing 737-800 dan Airbus A320. Selain itu, terminal penumpang seluas 9.600 m2 yang dapat menampung hingga 400.000 penumpang," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara, M. Kristi Endah Murni, dikutip dari hubud.dephub.go.id.

Adapun rute angkutan udara yang dilayani oleh Bandara Sultan Babullah pulang pergi (PP) yaitu:

  • Ternate - Jakarta pp
  • Ternate - Makassar pp
  • Ternate - Ambon pp
  • Ternate - Manado pp
  • Morotai – Ternate pp
  • Ternate – Labuha pp
  • Ternate – Gebe pp
  • Gebe – Sorong pp
  • Ternate – Mangole pp
  • Ternate – Galela pp
  • Ternate – Sanana pp

Baca juga: KSAL hingga Kapolda Maluku Utara Hadiri Acara Puncak Hari Nusantara 2023, Berikut Daftarnya

Selain memastikan kesiapan infrastruktur di Bandara Sultan Babullah, Ditjen Hubud juga melakukan koordinasi guna mendukung penuh pelaksanaan kegiatan, seperti berkooordinasi dengan airlines untuk memberikan extra fight dari/ke Ternate untuk mengakomodir kebutuhan pengguna jasa transportasi udara.

Kemudian, dilakukan juga koordinasi dengan stakeholder terkait seperti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kantor Imigrasi, Kantor Kantor Bea Cukai, Kantor Kesehatan Pelabuhan, AirNav Indonesia, dan Kepolisian Daerah Maluku Utara.

"Kami berharap dengan dukungan transportasi udara ini akan memberikan kelancaran penyelenggaraan Hari Nusantara Tahun 2023. Tugas kami menjamin keselamatan, keamananan dan kenyamanan penerbangan bagi pengguna jasa transportasi udara yang akan hadir melalui Bandara Sultan Babullah," ungkapnya.

Sebagai informasi, peringatan Hari Nusantara 2023 yang berpusat di Kota Tidore ini mengusung tema "Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah".

Tema ini diharapkan dapat kembali mengangkat posisi Tidore yang dikenal sebagai pusat rempah-rempah.

Terpilihnya Pulau Tidore sebagai pusat rangkaian kegiatan dikarenakan Tidore mempunyai sejarah sebagai titik 0 (nol) jalur rempah dalam ekspor cengkeh pertama dari Tidore ke Eropa pada 11 Desember 1521, dan kemudian tanggal ini ditetapkan sebagai Hari Rempah Nasional oleh Pemerintah Republik Indonesia.

(Tribunnews.com/Latifah)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini