News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Wujudkan Pengasuhan Positif yang Mampu Meningkatkan Tumbuh Kembang Anak

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Erik S
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Psikolog Ajeng Raviando saat talkshow Kisah Cinta Ibu, Kisah Cinta Tanpa Batas yang diadakan Lotte Choco Pie Indonesia,  Minggu (17/12/2023).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto  

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -   Di era sekarang ini, positive parenting atau pengasuhan positif saat ini cocok digunakan dalam pola asuh anak-anak sehingga mampu membuat anak tumbuh berkembang.

Positive Parenting bisa dilakukan dengan  cara menerapkan prinsip suportif yakni memberi perlakuan yang mendukung perkembangan anak, konstruktif berarti bersikap positif dengan menghindari kekerasan atau hukuman dan dilakukan dengan cara yang menyenangkan.

Prinsip dari pengasuhan positif yang muncul dari seorang psikolog asal Austria bernama Alfred Adler mengajarkan anak disiplin dengan tidak memberinya hukuman namun cara memberitahu anak mana perilaku yang salah dan benar.

Baca juga: Praktisi Parenting Paparkan Ciri-ciri Anak yang Alami Toxic Parenting, Salah Satunya Mudah Marah

Lantas bagaimana mewujudkan pengasuhan positif?  

Psikolog anak, Ajeng Raviando mengatakan, salah satu kunci penerapan positive parenting adalah orangtua harus menjadi role model yang baik, mengajari dengan teladan.

"Orangtua harus mengenali perkembangan anak, meluangkan waktu berkualitas dengan rutin bersama keluarga dan fokus pada tingkah laku positif, memberi dukungan dan menunjukkan penghargaan," kata Ajeng Raviando saat talkshow Kisah Cinta Ibu, Kisah Cinta Tanpa Batas yang diadakan Lotte Choco Pie Indonesia,  Minggu (17/12/2023).

Program ini merupakan rangkaian kegiatan menyambut Hari Ibu, yang diawali dengan Instagram Reels Challenge periode 7 November – 6 Desember, dan ditutup puncaknya pada hari ini.

Ajeng menyebut orangtua juga harus memberikan konsekuensi logis, bersikap tegas, disiplin jelas dan konsisten menanamkan nilai-nilai, melakukan diskusi dan negosiasi dan menciptakan komunikasi efektif.

"Orangtua juga perlu memberi ruang untuk tumbuh dan melakukan kesalahan serta memberikan cinta tanpa syarat, cinta tanpa batas," katanya.

Marketing Manager Lotte Indonesia, Ingen Ate Malem Meliala mengatakan, even ini  sejenak mengajak para ibu menceritakan kembali perjalanan mereka menjadi seorang ibu mulai dari mengandung, melahirkan, hingga membesarkan buah hati yang penuh perjuangan dan rasa cinta.

Baca juga: Ini Motivasi Deviana Andritriana Bantu Ibu Rumah Tangga dengan Berbagi Tips Parenting

Become a mother adalah sebuah berkah, petualangan, perjuangan, dan juga kebahagiaan sehingga ibu akan selalu menjaga value betapa pentingnya peranan sebagai seorang istri dan juga orangtua," katanya.

Ingen mengapresiasi perjalanan parenting sebagai Ibu dan dari 500 lebih peserta, terpilih 60 pasang Ibu dan anak di Jabodetabek yang diundang ke acara ini, dan 20 pasang ibu dan anak di luar jabodetabek yang mendapatkan bingkisan spesial hari ibu," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini