News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pemindahan Ibu Kota Negara

Pengamat Duga Mundurnya Kepala-Wakil Otorita IKN Buntut Jokowi Tunjuk RK Jadi Kurator Proyek IKN

Penulis: Yohanes Liestyo Poerwoto
Editor: Whiesa Daniswara
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bambang Susantono dan Dhony Rajahoe. Pengamat menduga mundurnya Bambang dan Dhony sebagai Kepala-Wakil Otorita IKN buntut Jokowi menunjuk RK sebagai kurator proyek IKN.

TRIBUNNEWS.COM - Pengumuman mendadak terkait mundurnya Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe dari jabatan Kepala dan Wakil Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Senin (3/6/2024) menimbulkan pertanyaan publik soal penyebabnya.

Direktur Eksekutif Lingkar Madani, Ray Rangkuti pun buka suara terkait mundurnya Bambang dan Dhony tersebut.

Ray menduga mundurnya mereka buntut dari ditunjuknya mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjadi kurator pembangunan proyek fisik IKN pada 12 Desember 2023 lalu.

Sebagai informasi, RK pernah membeberkan tugasnya selaku kurator yaitu mengevaluasi seluruh proses pembangunan infrastruktur dan bangunan-bangunan lain yang ada di lokasi.

“Yang menarik adalah mencuatnya Kepala Otorita IKN yang lama mengundurkan diri itu, setelah Saudara Ridwan Kamil dipilih oleh Presiden sebagai kepala kurator,” kata Ray dalam program Kompas Petang yang ditayangkan di Kompas TV, dikutip pada Selasa (4/6/2024).

Ray menilai dilantiknya Ridwan Kamil membuat adanya tumpang tindih tugas pokok dan fungsi (tupoksi) antara Kepala dan Wakil Otorita IKN dan kurator proyek yang dijabat oleh kader Partai Golkar tersebut.

Sehingga, sambungnya, diduga terjadi ketersinggungan dari Bambang dan Dhony lantaran dengan adanya RK, maka kinerjanya selama memimpin pembangunan IKN tidak diapresiasi.

“Jadi kurator ini kan sebenarnya adalah orang yang memberi semacam perizinan untuk melanjutkan satu program terkait dengan pembangunan IKN.”

“Mungkin ada ketersinggungan dari dua pejabat yang lama yang merasa kemudian kesuksesan mereka seperti tidak diapresiasi,” jelas Ray.

Selain itu, Ray mengatakan, dengan mengutip pernyataan Ridwan Kamil, bahwa Bambang dan Dhony diduga semakin tersinggung ketika mantan Wali Kota Bandung itu menginginkan agar pembangunan IKN tidak dilakukan dengan cara serampangan.

“Itu diperkuat dengan pernyataan Ridwan Kamil yang mengatakan bahwa salah satu penyebab beliau menjadi ketua kurator karena tidak ingin pembangunan di IKN tidak dilakukan dengan ecek-ecek,” tuturnya.

Baca juga: Jadi Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono Ditugaskan Genjot Investasi

Sebelumnya, Mensesneg, Pratikno mengumumkan bahwa Bambang dan Dhony mengundurkan diri sebagai Kepala dan Wakil Otorita IKN pada Senin kemarin.

Pratikno menuturkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerima surat pengunduran diri dari Dhony yang disusul surat pengunduran dari Bambang.

“Beberapa waktu lalu Pak Presiden menerima surat pengunduran diri dari Wakil Kepala Otorita IKN, Pak Dhony Rahajoe. Kemudian beberapa waktu berikutnya Pak Presiden juga menerima surat pengunduran diri dari Pak Bambang Susantono,” kata Pratikno dalam konferensi pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini